TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Raden Wijaya Simbol Kodam V/Brawijaya

By 17 Dec 2015 19:08Kodam V/Brawijaya
5

Surabaya, Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam V/Brawijaya ke 67, Korem 082/CPYJ serta Kodim 0815 Mojokerto gelar acara Sarasehan di Pendopo Agung Trowulan, Kamis (16/12/2015) malam. Sarasehan yang bertujuan memberikan inspirasi dan motivasi bagi segenap prajurit Kodam V/Brawijaya dalam menunaikan tugas serta pengabdian kepada bangsa dan NKRI. Selain itu, juga dapat meningkatkan wawasan kebudayaan bangsa dengan memahami sejarah berdirinya Kodam V/Brawijaya.

Acara dimulai dengan melaksanakan sholat Mahgrib bersama, dilanjutkan pembacaan surat Yasin dipimpin oleh Ustadz Moh. Zainuri, S.Pdi, setelah itu dilanjutkan pembacaan Lintas Sejarah Kodam V/Brawijaya yang di bacakan oleh Lettu Ckm (K) Evi Lusiana serta pembacaan pesan-pesan Ponco Waliko yang dibacakan oleh Kopka Yulianto.

Pangdam V/Brawijaya dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam V/Brawijaya mengatakan melalui Sarasehan mari kita hayati makna dibalik penggunaan nama Brawijaya sebagai simbol Kodam V/Brawijaya. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Raden Wijaya (Prabu Brawijaya) dengan Maha Patihnya Gajah Mada, sangat disegani oleh para raja-raja lainnya, karena atas kegigihan dan ketangguhan serta kepemimpinannya dapat mempersatukan Wilayah Nusantara ini, maka dari itu nama besar Prabu Brawijaya dijadikan simbol Kodam V/Brawijaya sampai dengan saat ini.

Sarasehan ini merupakan tradisi bagi keluarga besar Kodam V/Brawijaya yang dilaksanakan setiap menjelang hari jadinya pada tanggal 17 Desember, sebagai ungkapan sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk, bimbingan dan lindunganNya, agar Kodam V/Brawijaya dapat mengemban tugas dan amanah yang dipercayakan Bangsa dan Negara dan harapan yang lebih jauh setiap prajurit Kodam V/Brawijaya khususnya dan warga Jawa Timur umumnya dapat mengetahui dan mewarisi nilai-nilai kebesaran Kerajaan Mojopahit yang telah mempersatukan Nusantara.

Pejabat Bupati Kabupaten Mojokerto Dr.Ir.M Ardi Prasetyawan, Meng,Sc,Me. dalam sambutannya mengucapkan selamat Ulang Tahun Kodam V/Brawijaya yang ke-67 dan ucapan terimakasih atas kerjasamanya selama ini.

Selanjutnya penyerahan sertifikat Pendopo Agung Trowulan dari Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroihan, S.Sos kepada Pangdam V/Brawijaya yang diwakili Kasdam V/Brw Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Dalam Sarasehan ini juga diserahkan bingkisan tali asih secara simbolis oleh Kasdam V/Brawijaya dan Ibu Sumardi kepada anak Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadyah Cabang Trowulan dan masyarakat yang ada disekitar Pendopo Agung Trowulan, kemudian pembacaan Do’a oleh Kabintalrem 082/CPYJ Lettu Inf Herman Hidayat.

Akhir dari kegiatan Sarasehan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng diawali oleh Ibu Sumardi, dan diikuti Kasdam V/Brw di dampingi Ibu Joppye Onesimus Wayangkau yang diserahkan kepada Prajurit yang berprestasi (Serda Atjong Tio Purwanto) dari Yonif 521/DY, Brigif 16/WY selanjutnya ramah tamah sambil menyaksikan pemutaran film Profil Kodam V/Brw oleh seluruh undangan yang hadir dan dilanjutkan dengan cangkrukan.

Hadir pada acara Sarasehan tersebut antara lain Kasdam V/Brawijaya, Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD V/Brawijaya beserta Staf, Sesepuh Kodam V/Brawijaya, Dansat jajaran Kodam V/Brawijaya, Forpimda Kabupaten Mojokerto, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Anak Yatim dan masyarakat sekitar Pendopo Agung Trowulan Mojokerto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Raden Wijaya Simbol Kodam V/Brawijaya