Skip to main content
Berita Satuan

Saat Tank Tempur Hadir di Mal

Dibaca: 175 Oleh 14 Des 2015Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Farel (10) tengah asyik mengamari kendaraan di hadap­annya, Minggu, tanggal 13 Desember 2015  siang. Maklum saja, kenda­raan berwarna hijau ber­ukuran besar itu tak ditemui­nya setiap hari. Kendaraan yang dimaksud bukan bus atau truk, melainkan Tank AMX-13 Recovery buatan Prancis tahun 1963, sebagai salah satu bagian dari pamer­an alat utama sistem perta­hanan (alutsista) TNT AD di area parkir Trans Studio Mall Kota Bandung.

Penasaran ingin lihat dari dekat, ujar bocah yang duduk di bangku kelas IV sekolah dasar tersebut. Tak seperti kebanyakan pengunjung pameran lainnya, Farel bukan datang untuk berbelanja atau menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Dia datang bersama teman-temannya untuk menawarkan jasa sewa payung. Namun, nyatanya dia tak mampu mengabaikan rasa penasarannya. Untuk beberapa waktu, dia rela meninggalkan sejenak payung yang dibawanya, kemudian memilih mendekati tank itu.  Barangkali rasa penasaran tersebut berkaitan dengan cita-cita yang ada di dalam benaknya. Nanti sudah besar saya mau jadi tentara, kata bocah yang tinggal tak jauh dari pusat perbelanjaan itu.

Baca juga:  Danrem 063/SGJ “Tingkatkan SDM Menghadapi MEA”

Memang Farel bukan satu-satunya bocah yang ada di lokasi itu. Tak sedikit anak-anak yang sekadar melihat, memegang, atau bahkan naik ke atas tank. Kesempatan langka itu juga dimanfaatkan sejumlah pengunjung untuk berfoto, menonton film, serta bertanya berbagai hal menge­nai TNI AD.

Salah seorang pengunjung, Permadi (25) mengemukakan respons positif. Dia menilai, selama ini masyarakat tidak mengetahui atau melihat dari dekat sistem pertahanan yang dimiliki TNI. Di sisi lain, dia  berpendapat,  militer  idealnya  dekat dengan masyarakat.  Selama  ini  kan senjata  atau  tank  ada di markas, jadi ma­syarakat tidak tahu.  Sekarang bisa lihat langsung.  Bagus sih,  katanya.

Pameran  alutsista  TNI  AD  merupakan bagian dari peri­ngatan ke-70 Hari Juang Kar­tika tahun 2015. Di area parkir pusat perbelanjaan tersebut, publik bisa melihat langsung berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pertahanan TNI AD, mulai dari kendara­an, senjata, alat komunikasi, hingga berbagai dokumentasi yang dimiliki.  Pameran terse­but rencananya akan digelar selama empat hari, sejak Minggu,  tangal 13 Desember 2015  hingga Rabu, tanggal 16 Desember 2015.

Baca juga:  KOREM 161/WS GELAR UPACARA DAN SYUKURAN HARI JUANG KARTIKA KE- 69 TAHUN 2014

Dalam kesempatan itu, pengunjung juga berkesem­patan untuk mengetahui seluk beluk TNI AD, mulai dari sejarah, cara perekrutan, jen­jang pangkat, hingga informasi lain yang terkait dengan ke­militeran. Pada intinya, pameran ini diharapkan bisa mendekatkan TNI AD dengan khalayak. Untuk tahun ini, pameran alutsista Kodam III/Slw tak hanya digelar di pusat Kota Bandung.  Kegiatan serupa juga dilaksanakan Korem 061/Suryakancana di Lapang­an Pajajaran Kota Bogor,  Korem 062/Tarumanagara di Lapangan Kerkhoff Garut, Korem 063/Sunan Gunung Jati di Alun-alun Cirebon, dan Korem 064/Maulana Yusuf di Alun-alun Cilegon, Banten.

Dengan pameran ini, masyarakat semakin merasa cinta dengan TNI. Masyarakat semakin memiliki kebanggaan terhadap TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,  ujar Kepala Penerangan Kodam III/Slw, Robertson Ismail. Di sisi lain, kata dia, kegiatan digelar sebagai bentuk pertanggungjawaban atas anggaran yang diamanatkan rakyat. Pameran juga sekaligus menjadi pembuktian atas anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan alutsista.

Pameran ini juga dimaksudkan sebagai wujud tanggung jawab TNI AD kepada rakyat, sebab anggaran untuk membeli alutsista TNI AD diambil dari uang negara dan milik rakyat,  katanya.  (Sumber: HU Pikiran Rakyat)

Baca juga:  TNI Ikut Uji Coba Jaringan Optik Bawah Laut Palapa Ring Paket Tengah

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel