TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Senkom Kota Bekasi Peringati Hari Bela Negara di Markas YonArmed-7/105 GS Bantargebang

By 22 Dec 2015 07:00Kodam Jaya
Senkom Kota Bekasi Peringati Hari Bela Negara di Markas YonArmed-7 105 GS Bantargebang

Eksistensi Senkom Kota Bekasi mitra Polri dan TNI tampaknya semakin konsisten dan dinamis. Perubahan signifikan ditunjukkan dengan semakin solidnya Senkom Kota Bekasi dalam geliat aksi-aksi sosial kemanusiaan di tengah-tengah warga masyarakat, khususnya kota Bekasi. Peringatan hari Bela Negara yang diperingati selama dua hari di Markas YonArmed-7/105 GS, sejak Sabtu (19/12) hingga Minggu (20/12) berlangsung khidmat, dimeriahkan peragaan atraksi silat oleh anggota Senkom.

Acara aktivitas Bela Negara sempat pula dilakukan pembaretan yang dilakukan oleh Mayor Armed Doddy Suhadiman, SE, MM kepada 10 anggota Senkom termasuk di antaranya Ketua Senkom Kota Bekasi M. Rizal Mahmudin. Hadir dalam acara pembaretan penutupan Kegiatan hari Bela Negara, AKP Kardjono HP selaku Kanit Binmas Polesta Bekasi Kota.

Dalam pidato penutupan dihadapan sekitar 230 anggota Senkom dan personil TNI yang digelar di lapangan Markas Komado YonArmed-7/105 GS, selaku Inspektur Upacara, Mayor Armed Doddy Suhadiman, SE.MM mengatakan dengan antusias. “Rangkaian seluruh kegiatan Bela Negara dan mengucap rasa syukur dengan tekad dan keinginan yang kuat. Selaku tuan rumah menyampaikan permohonan maaf apabila kegiatan di sini ada yang tidak berkenan baik itu fasilitas dan tutur kata,” paparnya.

Apakah materi yang diberikan cukup sampai hari ini saja ataukah dilanjutkan itu saya serahkan kepada seluruh anggota yang mengikuti kegiatan Bela Negara. Harapan kami walau hanya sedikit yang diberikan panitia, mudah-mudahan bisa dikembangkan dalam kegiatan sehari hari, semangat, jiwa korsa, agar dipelihara dan kekompakan antar sesama rekan Senkom mitra Polri  Kota Bekasi dipelihara dan dikembangkan,” tambahnya.

Ditandaskan lebih lanjut Mayor Armed Doddy Suhadiman bahwasanya mungkin kesempatan untuk bertemu dengan rekan-rekan hanya pada saat ini saja dan setelah ini akan kembali dengan kegiatan kesibukan masing-masing, karena seluruh anggota Senkom memiliki profesi masing-masing. Ajang ini seyogyanya dijadikan kesempatan untuk saling mengenal dan membentuk jaringan, menjalin kesadaran sesama Senkom mitra Polri.

Dan ini membutuhkan tenaga serta biaya dan pengorbanan yang tidak sedikit dan manfaat sebaik baiknya saling mengenal dan tukar telefon dan setelah kembali dari kegiatan ini akan terjalin soliditas, kekompakan semangat dan jiwa korsa, khususnya dalam rangka hubungan Senkom mitra Polri, sehingga tugas-tugas Senkom mitra Polri akan semakin solid dan menunjukkan kiprahnya dalam membantu pemerintah khususnya dalam hal Bela Negara. Harapan kami semoga ini menjadi bekal awal bagi organisasi Senkom mitra Polri dalam melanjutkan kiprahnya dalam mendukung Bela Negara untuk bangsa yang kita cintai.”

Sementara itu Ketua Umum Senkom H. Muhammad Sirot, SE, SIP saat diminta keterangannya di depan awak media dengan lantang dan antusias. ”Jadi Senkom bagian dari masyarakat  yang punya kewajiban bela negara. Teman-teman Senkom ikut berpartisipasi dalam apel Bela Negara di Monas kita ikut juga karena ini memang kewajiban. Kami sebetulnya tahun lalu adakan pelatihan Bela Negara. Dan kami bagian rakyat terlatih dan kita sambut sangat baik pelatihan Bela Negara ini,” tukasnya.an lebih lanjut, bahwa setiap provinsi pasti kita ikut dan kewajiban kita ikut dan kalau masyarakat paham tentang Bela Negara. Kalau masyarakat paham bela negara maka negara kita akan kuat. Kalau ada ancaman dari negara lain, otomatis rakyatnya tanpa diberikan komando punya kewajiban untuk bela negara.”

Hakekatnya bagaimana anggota Senkom mengerti apa sih bela negara itu. Langkah-langkahnya apa dan jangan sampai kita salah. Di manapun ada ancaman wajib hukumnya untuk bela negara. Makanya kita harus paham atau mengerti tentang bela negara.”

Terkait kamtibmas harapan kami dengan Senkom membentuk tupoksinya, tugas pokoknya antara lain kamtibmas nantinya jadikan perekat bangsa, apapun nanti minimal bagaimana kamtibmas dan kebencanaan, Senkom bisa membantu masyarakat yang tertimpa bencana.

Kita Senkom ini sifatnya menginformasikan ke kepolisian, karena itu domain kepolisian Kita bekerja sama dengan TNI dan Polri dan kita sifatnya membantu. Terkait Natal dan Tahun Baru 2016 kita membantu itu sudah jadi agenda dan kita membantu pengamanan di tempat-tempat keramaian dan membantu mencegah jangan sampai terjadi gangguan kamtibmas,” pungkasnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI TNI AD Dinas Penerangan Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Senkom Kota Bekasi Peringati Hari Bela Negara di Markas YonArmed-7/105 GS Bantargebang