TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tanam Padi Serentak Bersama Pangdam XVII/Cenderawasih di Wapeko Kab. Merauke

By 08 Dec 2015 11:33Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-12-07_19-59-25

Bertempat di Kampung Wapeko Distrik Kurik Kab. Merauke telah dilaksanakan Kegiatan Tanam Padi Serentak Bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian, kegiatan ini didampingi langsung oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi, S.E. M. Si. dan Dandin 1707/Merauke Letkol Inf I Made Alit Yudana selaku Wilayah Binaan Teritorial Jajaran Korem  174/ATW dan Kodim 1707/Merauke,Tamu Undangan dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wadan Lantamal XI Merauke  Kolonel Laut Hendro, Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Ardiheri, Wakil Ketua I DPRD Kab. Merauke Hj. Almarotus Solikah, SH. I, Asisten I Kab. Merauke Drs. Agustinus Djiko Guritno, kepala Dinas Tanaman Pangan dan Helkutura Ir. Bambang Dwiatmoko, M. Si, kepala Tim Pembukaan Lahan Sawah SP 9 Kolonel Czi M. Budi, Kapolres Merauke, Danyonif 755/YLT Mayor Inf Siregar dan 300 Gapoktan dan para Petani di Wilayah. Kab. Merauke.

Dalam pelaksanaan berjalanya kegiatan Pangdam dan rombongan meneriman sambutan dengan tari Adat Papua yang di Peragakan oleh Pemuda maupun pemudi Kab. Merauke dengan di iringin lagu khas Papua. Selesai peragaan Tari Adat Pangdam dan  Tamu Undangan melaksanakan foto bersama.

Sebelum penanaman dimulai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Helkutura menyampaikan sambutan bahwa Penanaman Padi Hari ini di Kampung Wapeko Distrik Kurik Kab. Merauke  merupakan Persiapan musim tanam 2015/2016 dan Tanam perdana sebanyak 27.000 H, sedangakan untuk Tanam Kedua ± 17.000 H di Wilayah Kab. Merauke. Untuk kesiapan benih secara umum sudah disiapakn oleh Pemda kab. Merauke dan untuk pupuk dalam proses penyaluran dengan menggunakan pupuk non subsidi, sedangakan untuk mesin-mesin sudah disalurkan dan sudah dilaksanakan pelatihan yang difasilitasi oleh Danrem 174/ATW dengan jumlah sebanyak 50 Personil yang terdiri dari 45 orang Petani dan 5 Personil Babinsa Kodim 1707/Merauke dan untuk Market Komando berada di Makorem 174/ATW. Adapun  hal-hal yang perlu kita persiapkan dalam menghadapi musim Tanam seperti air yang sulit dikarenakan akan terjadinya lalina dan antisipasi lahan terkena banjir dengan hama penyakit.

Selesai sambutan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Helkutura, Pangdam XVII/Cenderawasih menambahkan bahwa Saya hadir disini dalam rangka Penanaman padi serentak bersama Rakyat Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, karena kita adalah Negara Agraris yang artinya Negara dan Rakyatnya adalah petani serta hampir sekian lama penduduk Indonesia masih disuapi negara lain khusunya beras yang masih kita beli dari negara luar itu disayang betapa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Negara kita belum mampu untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri belum mampu Mandiri dalam bidang pertanian, untuk itu mari kita harus bisa makan dengan tangan kita sendiri, kita harus bisa mengembangkan pertanian , karena dengan bertani merupakan jati diri kita sebagai negara agraris.

Persiden mencanangkan lumbung padi Nasional di Kab. Merauke dikarenakan tanahnya yang luas dan subur untuk tanam padi dan pada hari pencanangan ini saya hadir untuk memulai dan meresmikan menanam,memupuk dan memanen Padi serentak di Wapeko Distrik Kurik Kab.Merauke. Pekerjaan ini tentunya sabagi insan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mari kita bersama-sama memohon dan berdoa kepada Tuhan, agar semoga memberikan rahmat dan kelancaran dalam pekerjaan ini.

Pukul 12.23 WIT Pangdam XVII/Cenderawasih didampingi Danrem 174/ATW beserta para Tamu dan unsur Muspida melaksanakan Penanaman Padi Serentak dengan menggunakan alat Riseshider dan Transplanter. Selesai penanaman Pangdam XVII/Cenderawasih membagikan sembako Kepada Gapoktan dan Petani yang hadir dalam kegiatan Tanam Padi bersama di Kampung Wapeko Distrik Kurik Kab. Merauke. Kegiatan Tanam Padi Serentak Bersama Pangdam XVII/Cenderawasih selesai dalam keadaan aman dan lancar. Pendam17Cenderawasih

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tanam Padi Serentak Bersama Pangdam XVII/Cenderawasih di Wapeko Kab. Merauke