TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tanam Serentak padi, Koramil Jumo

By 09 Dec 2015 07:43Kodam IV/Diponegoro
IMG-20151208-WA0011

Koramil 06/Jumo Kodim 0706/Temanggung bersama Dinas Pertanian Kecamatan Jumo melaksanakan kegiatan penanaman secara serentak seluas 3 ha di areal sawah Setegal Tempel dan Sejeblok desa Jumo yang diselenggarakan dinas pertanian Kabupaten Temanggung serta Kodim 0706/Temanggung budidaya pajele, Senin (7/12).

Penanaman padi serentak untuk Wilayah Kec. Jumo di lakukan di masing-masing Wilayah Koramil, di antaranya wilayah Koramil 06/Jumo yang di pusatkan di Kecamatan Kranggan. Tanam padi serentak musim Rendeng Desember 2015 yang di lakukan Personil Kodim 0706/Temanggung bersama Distan dan Petani guna untuk mendorong kelompok Tani wilayah Kab. Temanggung dan memberikan contoh pada Kelompok Tani yang lain untuk melakukan penanaman padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) menuju Swasembada Pangan. Adapun penanaman padi saat ini di Kecamatan Jumo dengan luas seluruhnya 3 Hektar dengan mengikut sertakan delapan Kelompok Tani di Kecamatan JUmo.

Adapun untuk Saat ini di upayakan sistem tanam yang benar dan baik melalui pengaturan jarak tanam yang dikenal dengan sistem tanam jajar legowo Karena sudah terbukti meningkatkan produktivitas padi seperti panen yang lalu. Penanaman padi ini bertujuan untuk memotivasi Petani termasuk mengawal dan mendampingi Petani dari mulai proses tanam, pendistribusian benih, pupuk hingga memasuki masa panen termasuk mendistribusikan hasil panen dengan melibatkan para Babinsa sebagai penyuluh Pertanian,Bapeluh Kecamatan dan Kelompok Tani agar target program tanam dapat tercapai dengan hasil yang lebih meningkat di wilayah Kec. Jumo.

Danramil 06/Jumo Kapten Arm Saparudin mengatakan, tanam padi serentak ini bukan hanya di laksanakan di Wilayah binaan Koramil Jumo saja akan tetapi di laksanakan di seluruh Wilayah Kab. Temanggung khususnya dan di seluruh Republik Indonesia sesuai perintah dari Mabes TNI AD agar melaksanakan pendampingan guna percepatan tanam musim rendeng di akhir tahun 2015.

Lebih lanjut Danramil mengucapkan terima kasih pada unsur yang terkait di dalam pelaksanaan penanaman padi serentak ini, serta penanaman padi ini akan di lanjutkan kembali pada tahuin 2016 dan agar selalu berkoordinasi dengan unsur terkait dalam masalah bantuan perawatan padi, di harapkan pembangunan irigasi di Kec. Jumo tahun 2016 bisa selesai semuanya, saat ini di seluruh Wilayah sudah mulai turun hujan sehingga kondisi ini bagus untuk melaksanakan penanaman padi dan ini juga kewajiban kita demi kesejahteraan Rakyat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tanam Serentak padi, Koramil Jumo