TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upsus Swasembada Pangan, Kodim Bersama Forpimda Ngawi Gelar Tanam Padi Serentak

By 08 Dec 2015 13:32Kodam V/Brawijaya
bdd9500dbc165b37fd491baf42c28bc2

Kodim 0805/Ngawi bersama Petani bertempat persawahan Desa Gempol Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, menggelar tanam padi serentak,  Senin (7/12).

Komandan Kodim 0827/Sumenep Letnan Kolonel Infanteri Sugiyono, melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) Ngawi Mayor Inf Ahmad Alwi mengatakan gerakan tanam padi itu merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan.

Lanjut Kasdim, “dengan adanya tanam serempak dan pendampingan dari TNI maka petani diharapkan akan lebih semangat. Musim percepatan juga tiba saatnya, untuk mempercepat dan mendukung percepatan tanam. Disamping itu mengenai asuransi pertanian juga sudah menjadi kebijakan pemerintah untuk memotivasi petani”, paparnya

“Penanaman serempak menggunakan bibit jenis unggul dengan sistem tanam jajar legowo dengan luas Lahan 1 hektar,” katanya.

Dalam penanaman padi bersama itu, kata dia, melibatkan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ngawi  dengan tujuan meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto `Bersama Rakyat TNI Kuat.

“Ini merupakan kegiatan kebersamaan kami dengan rakyat, karena kami berasal dari rakyat. Jadi kegiatan seperti ini perlu digalakkan lagi agar antara rakyat dengan TNI bisa menjalin kebersamaan,” katanya.

Sedangkan Kadistan Kab. Ngawi Ir. Marsudi, dalam sambutannya mengatakan “tanam serempak bertujuan untuk mengejar target tanam th 2015 yaitu 130.000 ha dan dgn tanam serempak maka bisa mengurangi penyerangan hama.  Dan tanam serempak hari ini Wilayah Ngawi mencapai 40.000 ha.  Untuk dana terkait swasembada pangan proses pencaiaranya langsung ke Gapoktan, maka dari itu pertangungjawaban secara fisik dan administrasi supaya benar-benar dipertanggungjawabkan”, paparnya.

Di waktu yang sama Suharto, Ketua Gapoktan Tani Bahagia Desa Gempol, menyampaikan “kami ucapkan terimakasih  kepada TNI dan Dinas pertanian dan yang selama ini telah mendukung kegiata percepatan tanam kususnya di Desa Gempol.   Program-program pemerintah sangat membantu petani terutama asuransi pertanian kami mohon bisa ditingkatkan. Sedangkan untuk meningkatkan produktifitas pertanian kami mohon bantuan sarana 1 unit sumur P2AT”, katanya

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :  Kasdim 0805/Ngawi Mayor Inf Ahmad Alwi. Kadistan Kab. Ngawi Ir. Marsudi, Muspika Kec. Karangjati, Perangkat Ds. Gempol berserta Warga kelompok tani.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upsus Swasembada Pangan, Kodim Bersama Forpimda Ngawi Gelar Tanam Padi Serentak