TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonkav 5/Serbu Juarai Lomba Navigasi Darat HUT ke-70 Kodam II/Swj

By 21 Dec 2015 06:28Kodam II/Sriwijaya
IMG-20151218-WA0003

Setelah menyelesaikan berbagai materi pada Lomba Ton Tangkas dalam rangka memperingati HUT Ke – 70 Kodam II/Swj yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2015 mendatang, akhirnya Tim Yonkav 5/Serbu berhasil menjuarai Lomba Ton Tangkas untuk materi aplikasi Ilmu Medan atau Navigasi Darat (Navrat) antar satuan baik yang berasal dari Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) jajaran Kodam II/Swj, di daerah Gandus, Palembang, Jum’at (18/12/15).

Dalam lomba Navrat kali ini, kesembilan tim dari Satpur dan Satbanpur diwajibkan menemukan titik-titik yang telah ditentukan. Panitia hanya menentukan koordinat dan peta lokasi perlombaan pada setiap tim. Jika tidak menguasai navrat, tidak mungkin menemukan titik-titik yang ditentukan panitia.

Tiap – tiap Tim berjumlah 20 orang yang terdiri dari 1 Danton (Perwira Pertama), 1 Danru (Bintara) dan 18 orang anggota (Tamtama). Masing – masing Tim mengeplot peta dan melakukan penghitungan untuk menuju ke titik koordinat sasaran yang berada di sekitar wilayah Gandus.

Disamping itu, para peserta akan melalui 7 Pos dengan berbagai macam medan yang bervariasi dengan jarak yang tempuh 9 Km dengan waktu 2 jam. Untuk itulah, kesembilan tim ini harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih nilai tertinggi dan menjadi yang terbaik.

Selaku penanggungjawab materi Navigasi Darat, Kepala Topografi Kodam (Katopdam) II/Swj Kolonel Ctp Ir. Haris Prio Widodo, sesaat sebelum memberangkatkan peserta menyampaikan agar seluruh prajurit yang terlibat dalam lomba, selalu menjaga keamanan dan keselamatan selama melaksanakan lomba.

Hadir juga, Waasops Kasdam II/Swj, Letkol Inf M. Arif Suryandaru dan Para Komandan Satuan untuk meninjau pelaksanaan lomba Navrat untuk memberikan apresiasi dan semangat kepada timnya.

Setelah seluruh tim memasuki finish dan dihitung waktu oleh pantia, saat itu juga diumumkan hasil lomba secara keseluruhan berdasarkan hasil perolehan nilai atau poin tertinggi.

Pada lomba kali ini, menempatkan sebagai Juara 1 dari Yonkav/5 Serbu dengan perolehan nilai 672,88, diikuti Juara 2 dari Yonif 200/Raider dengan nilai 637,80, disusul Juara 3 dari Yon Zipur 2/SG dengan perolehan nilai 621,94. Sedangkan untuk Juara harapan 1 diraih oleh Yonif 141 dengan nilai 531,28, diikuti Yonif 143 sebagai Juara harapan 2, dengan nilai 432,70 dan Juara harapan 3, Yon Armed 15/76 Tarik dengan nilai 431,70.

Selain wadah mengasah kemampuan prajurit, lomba ini juga sebagai ajang bergengsi bagi satuan yang berlomba. Disamping fisik yang prima, otak adalah yang paling utama dalam ilmu Navrat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonkav 5/Serbu Juarai Lomba Navigasi Darat HUT ke-70 Kodam II/Swj