TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

615 Perwira TNI Ikuti Apel Komandan Satuan TNI di Surabaya

By 26 Jan 2016 11:23Puspen TNI
panglima1
Sebanyak 615 Perwira TNI dari jajaran TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI, yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna, di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA), Koarmatim Surabaya, Jawa Timur, Selasa (26/1).

615 Perwira TNI tersebut terdiri dari Komandan Batalyon, Komandan KRI dan Komandan Skadron Udara serta Komandan Satuan Operasional yang setingkat di tiap-tiap angkatan sampai dengan Pangkotama Bin/Ops dan Satuan Kerja (Satker), meliputi : para Asisten Panglima TNI dan Angkatan, Kabalakpus/Kasatker, para Danyon s.d. Pangkotama, para Komandan KRI s.d. Pangarmada, para Danyon Marinir s.d. Komandan Kormar, dan para Komandan Skadron s.d. Pangkoops.
Apel Dansat TNI tahun 2016 yang mengangkat tema “Reaktualisasi Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Memantapkan Soliditas, Profesionalisme Dan Militansi Prajurit TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”, akan digelar selama dua hari, di dua tempat berbeda yaitu Komplek Koarmatim Dermaga Ujung Surabaya dan Kesatrian Sarang Petarung Marinir, Karang Pilang. Para peserta Apel Dansat TNI menginap di KRI Surabaya, KRI Makasar dan KRI Bintuni, termasuk Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta Kepala Staf Angkatan.
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya menyatakan bahwa, dari tema tersebut dimaksudkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Profesional dan Tentara Nasional serta memantapkan soliditas, profesionalisme, militansi dan sinergitas prajurit TNI dalam rangka meningkatkan kesiapan operasi untuk melaksanakan tugas pokok. Selain itu, juga sebagai jalan perubahan mewujudkan Indonesia menjadi Bangsa yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong sesuai dengan visi dan misi pemerintah dalam Nawacita agenda prioritas pemerintahan ke depan.
“Pelaksanaan Apel Dansat ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Mabes TNI, khususnya oleh TNI. Maknanya, bukan berarti Panglima TNI mengambil alih fungsi Kepala Staf Angkatan, tetapi harus dipahami bahwa Panglima TNI juga ingin berkomunikasi langsung dengan para Komandan Satuan di jajaran TNI. Sesungguhnya tidak ada jarak psikologis antara Panglima TNI dengan para Komandan Satuan, dan disinilah sesungguhnya soliditas, profesionalisme, dan militansi kita menemukan ruh dan realitasnya,” tutur Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Panglima TNI menyampaikan, berbagai materi yang akan disampaikan oleh para narasumber hendaknya dapat dijadikan bekal, bahan dan landasan pemikiran dalam merumuskan kebijakan, serta bahan acuan dalam membangun daya kreatif-inovatif, serta cara bertindak dalam pelaksanaan tugas yang diembankan kepada para Komandan Satuan. “Para peserta Apel Komandan Satuan TNI agar mampu menyerap segenap informasi, pengetahuan, pengalaman, persoalan, dan juga rencana-rencana solusi yang amat berguna bagi penyelesaian tugas di kesatuan masing-masing,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berharap, semua peserta mengambil peran, semua bersedia berbagi pengalaman, sekaligus saling memberikan solusi terbaik bila ada kesamaan masalah di antara satu kesatuan dengan kesatuan lainnya. “Memang tidak ada resep jitu yang langsung mengatasi semua masalah. Namun dengan pengalaman yang bervariasi, kita yakin bisa menemukan solusi bila dihadapkan dengan permasalahan yang muncul sewaktu-waktu”, katanya.
Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan, lakukan interaksi positif di antara seluruh peserta, sehingga Apel Komandan Satuan ini menghasilkan masukan yang sangat berharga dalam menentukan kebijakan maupun dalam implementasinya di waktu mendatang.
Apel Komandan Satuan TNI tahun 2016 dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI, menyamakan pemahaman dan persepsi berbagai kebijakan pemimpin, meningkatkan soliditas dan silaturahim seluruh peserta apel Dansat, memahami kembali nilai-nilai jati diri TNI dihadapkan pada perubahan lingkungan saat ini.
Sedangkan sasarannya adalah terkumpulnya berbagai masukan dari Satuan Bawah Setingkat Batalyon sampai dengan Satuan Atas Setingkat Kotama berkaitan dengan pelaksanaan tugas serta kendala yang dihadapi sekaligus mencari solusi pemecahan terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi serta meningkatkan soliditas dan terjalinnya silaturahim antara Satuan-Satuan di jajaran TNI.
Kegiatan Apel Komandan Satuan TNI tahun 2016 dimeriahkan pula dengan olahraga bersama dan trilomba antar Brigade, seperti renang, menembak senapan dan pistol, lempar pisau, merayap jaring, titian tali satu, rayapan tali satu dan tali dua serta lomba dayung.  (Puspen TNI).   

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

615 Perwira TNI Ikuti Apel Komandan Satuan TNI di Surabaya