TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 17/Gamping dan Gapoktan Trihanggo Panen Raya

By 29 Jan 2016 09:15Kodam IV/Diponegoro
Babinsa Bersama Gapoktan Panen Padi

Babinsa Koramil 17/Gamping dan dinas UPT Ngemplak serta poktan Tani Makmur dan poktan Biru Makmur melaksanakan wiwitan dilanjutkan panen raya di desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kamis (28/1/2016).

Sebagai ungkapan rasa syukur petani, setiap awal musim panen padi, petani di Kecamatan Gamping selalu melakukan upacara wiwitan. Kegiatan ini biasanya dimulai dengan ngubin, untuk mengukur produktivitas hasil panen per hektar  sebagai bahan evaluasi. Setelah laporan ketua kelompok, dilanjutkan saran dan masukan yang diberikan oleh berbagai pemangku kepentingan yang hadir.

Acara wiwitan tersebut dihadiri oleh UPT Gamping, Unsur Muspika, Kades Trihanggo, anggota kelompok tani, pengurus Gapoktan, dukuh, mantri  tani, penyuluh dan tokoh masyarakat setempat.

Acara wiwitan diawali pembacaan doa oleh ro’is, menjadi bentuk ungkapan syukur petani kepada Tuhan, sebagaimana dilakukan Gapoktan Desa Trihanggo.

Menurut Serda Sugiyono Babinsa Koramil 17/Gamping, Gapoktan Desa Trihanggo termasuk salah satu kelompok tani yang cukup maju dalam mengolah sawah. Karena sudah menggunakan peralatan mekanik seperti : hand tracktor. Juga telah menggunakan pola tajarwo, walau belum seragam.

Dalam panen raya di lahan seluas 6000 meter tersebut dihasilkan padi lebih kurang 2,5 ton dengan jenis padi Situbagendit. (Koptu Her Pendin 0732/Slm)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 17/Gamping dan Gapoktan Trihanggo Panen Raya