TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Giliran SMAN 2 Pare, Terima Sosialisasi Pendaftaran Akmil

By 28 Jan 2016 07:02Kodam V/Brawijaya
IMG-20160127-WA0024

Kebutuhan personal dengan memfokuskan regenerasi yang yang berkelanjutan dan berkesinambungan, perlu digali secara efektif dan efisien, baik dalam perluasan wawasan maupun pengembangan jatidiri. Salah satu regenerasi yang perlu ditindaklanjuti adalah perekrutan yang berkualitas dan berkuantitas, seperti halnya pada pendaftaran calon Taruna Akademi Militer, Rabu (27/01).

Kodim 0809/Kediri melakukan sosialisasi pendaftaran calon Taruna Akademi Militer secara “door to door” sejak hari Senin kemarin, hingga hari ini. Sebelumnya Kodim Kediri secara bergilir mendatangi beberapa sekolah unggulan atau favorit yang ada di Kota dan Kabupaten Kediri, seperti halnya yang dilakukan pada Rabu 27 Januari 2016, dimana Kodim Kediri melakukan sosialisasi di SMAN 2 Pare Kabupaten Kediri.

Dandim Kediri, Letkol Inf Purnomosidi, memberikan gambaran secara garis besar, syarat-syarat yang mutlak dilakukan oleh calon taruna akademi militer, salah satunya kesiapan fisik dan mental, disamping persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Kesiapan mental dianggap perlu, karena ketika memasuki tahap seleksi, persaingan dalam menunjukkan kemampuan individual, cenderung membutuhkan ketahanan mental, disamping ketahanan fisik juga. Pengenalan syarat dan ketentuan dalam pendaftaran calon taruna akademi militer ,kepada siswa siswi, khususnya setingkat SLTA sederajat, perlu diberikan gambaran secara jelas, baik berupa tes tulis atau tes fisik.

Tidak menutup kemungkinan juga selain persiapan mental dan fisik ,calon taruna akademi militer perlu meninjau ulang kemampuan individual dalam setiap tahap seleksi. Dampak sosial dimasa lalu, seperti pernah menggunakan sejenis obat-obatan terlarang, sudah jelas, kelak dikemudian hari akan mempengaruhi kejiwaan mental seseorang.

“Saat inilah masa-masa generasi emas bangsa ini, minat tentu harus seiring dengan bakat, tetapi bakat tidak akan bisa berjalan sendirian tanpa minat, kedua hal tersebut, bakat dan minat tidak bisa terwujud bila ada tekad, karena ada tekad berarti ada kemauan” kata Letkol Inf Purnomosidi, saat didampingi Pasi Pers Kodim Kediri Kapten Inf Yanis Prasetyo dan Danramil Pare Kapten Arh Ajir.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Giliran SMAN 2 Pare, Terima Sosialisasi Pendaftaran Akmil