TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/Swj Terima Penghargaan Rekor Muri

By 29 Jan 2016 14:20Kodam II/Sriwijaya
IMG-20160129-WA0000

Palembang – Kodam II/Swj kembali menerima penghargaan atas prestasi dan kreatifitas yang ditorehkan. Kali ini Kodam II/Swj menerima penghargaan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), atas pembuatan Pempek Lenjer terbanyak dan terpanjang, yang diserahkan langsung oleh Ketua sekaligus pendiri MURI Jaya Suprana kepada Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.Ip di Jakarta, Kamis (28/1).

Dalam kesempatan tersebut, MURI juga menyerahkan sejumlah penghargaan antara lain kepada Kemendagri, KPU dan Bawaslu atas penyelenggaraan Pilkada serentak pertama dengan sukses. Kemudian, juga diserahkan sejumlah penghargaan kepada pemegang rekor dalam beberapa kategori, seperti kepada Bupati Kutai Kerta Negara, Rita Widyasari, sebagai perempuan calon kepala daerah jalur independen yang memperoleh prosentase terbanyak, KH Ahmad Mustofa Bisri sebagai rekor seniman seni lukis klelet rokok kretek pertama yang membuat pameran di galeri Nasional, dan sejumlah penghargaan kategori lainnya.

Seperti diketahui bahwa pembuatan Pempek Lenjer terpanjang didunia yang memecahkan rekor MURI tersebut, dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT Ke-70 Kodam II/Swj dan sekaligus untuk mengangkat kearifan lokal bumi Sriwijaya, yakni Pempek, yang digelar pada beberapa waktu yang lalu, Minggu, (27/12/2015) di Pelataran Parkir Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang.

Dalam Festival Pempek tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) juga memberikan penghargaan rekor sebagai pempek lenjer terpanjang di dunia dengan total panjang 38.804 meter. Pempek terpanjang tersebut dibuat oleh prajurit, PNS dan Ibu-ibu Persit dari Satuan Kodam II/Swj dan jajarannya.

Pempek sepanjang 38.804 tersebut merupakan gabungan dari jajaran Kodam II/Swj sepanjang 17.804 meter, Korem 041/Garuda Emas di Provinsi Bengkulu yang membuat 5.000 meter pempek, Korem 042/ Garuda Putih di Provinsi Jambi 1.000 meter, Korem 043/Gatam di Provinsi Lampung 5.000 meter, Korem 044/Garuda Dempo 5.000 meter di Palembang, Korem 045/Garuda Jaya di Provinsi Bangka Belitung 5.000 meter, dan di Rindam II/Swj 5.000 meter.

Tidak hanya pempek terpanjang didunia, Kodam II Sriwijaya juga menerima penghargaan LEPRID pembuatan Pempek Kapal Selam terbesar di dunia yang memiliki panjang 120 cm, lebar 80 cm, tinggi 35 cm dan berat 250 kg.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/Swj Terima Penghargaan Rekor Muri