Kodam Iskandar Muda

Koramil 24/IDT Aceh Timur Buat Pupuk Dari Keong

Koramil 24/IDT Aceh Timur Buat Pupuk Dari Keong
#TNIAD 

Aceh Timur – Babinsa Koramil 24/Idt Kodim 0104 Aceh Timur Serda Gazali memiliki solusi untuk memudahkan petani dalam memperoleh Pupuk, dengan cara menciptakan Pupuk berbahan Dasar Keong.

Dikatakan Serda Gazali, Senin 11 Januari 2016 di Depan Koramil 24/Idt, Idi Tunong, uji coba yang di terapkan Selain tanaman sayuran juga pohon kelapa sawit pupuk cair ciptaan Serda Gazali Babinsa Koramil 24/Idt, dapat digunakan pada tanaman padi.

Sedangkan Padi yang menggunakan pupuk cair berbahan dasar keong mampu menghasilkan padi yang maksimal, Pada hasil uji coba pupuk cair berbahan dasar keong tersebut pada tanaman padi bisa mencapai 10 ton 200 Kg/H.

Pupuk dasar keong merupakan unsur yang sangat dominan untuk keberhasilan pertanian di masa depan, dan Semua jenis tanaman memerlukan pupuk yang cukup untuk keberhasilan setiap musim panen.

Pupuk yang biasa digunakan oleh para petani adalah pupuk Urea, NPK, TSP dan masih banyak jenis lainnya, yang semua pupuk tersebut adalah pupuk buatan, dan Pupuk tersebut sering menjadikan permasalahan pada para petani yang disebabkan kelangkaan dari distributor, Faktor langkanya pupuk sangat beragam di Aceh dan umumnya di Indonesia, ini semua bisa karena ulah distributor yang nakal.

Sementara itu, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Endra Saputra Kusuma Z.R, S.E.,M.Si mengatakan pembuatan Pupuk dasar dari Keong uji coba Babinsa tersebut mendapatkan apresiasi positif dari Kementerian pertanian dan Masyarakat, dan pupuk tersebut adalah merupakan terobosan baru yang dilakukan TNI AD dalam membantu masyarakat petani.

Dia menambahkan ini juga merupakan bukti keseriusan TNI AD dalam kontribusi membantu Pemerintah menciptakan Swasembada pangan baik dilakukan oleh Petinggi TNI AD sampai prajurit yang paling bawah. disampaikan juga bahwa pupuk cair Babinsa Koramil 24/Idt yang berbahan dasar keong tersebut sudah dilaporkan kepada Menteri Pertanian serta mendapat tanggapan yang positif.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel