TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Bersama Masyarakat Bersihkan Saluran Irigasi

By 26 Jan 2016 12:39Kodam V/Brawijaya
saluran

Jombang ( 25/01 ). Masa tanam di wilayah Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kabupaten Jombang sudah dimulai, dengan persiapan pengolahan lahan dan penyemaian benih padi, yang harus memperoleh dukungan suplay pengairan yang baik, cukup dan lancar. Salah satu upaya yang dilaksanakan diantaranya dengan pembersihan saluran irigasi. Rumput yang tumbuh di kanan kiri dibersihkan, juga sedimen tanah atau endapan dikeruk agar saluran air menjadi lancar.

Tepatnya di Desa Pucangsimo Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kab. Jombang dilaksanakan kerja bakti pembersihan irigasi yang dimotivasi Babinsa bersama masyarakat Desa Pucangsimo. pada Sabtu 23 Januari 2015.

Disela-sela kegiatan tersebut, Danramil 0814/05 Perak Kapten Kav Yateman mengatakan “ Kegiatan ini difokuskan pada pembersihan rumput yang tumbuh di kanan kiri saluran irigasi, serta dilakukan pengerukan endapan atau sedimen tanah yang mengakibatkan pendangkalan dengan menggunakan cangkul , sehingga air dapat mengalir dengan lancar serta dengan debit yang cukup, hal ini sesuai harapan para petani yang tengah membutuhkan cukup air untuk pengolahan lahan serta penyemaian benih padi “.

Pada kesempatan tersebut Perangkat Desa berharap agar saluran irigasi yang sudah dibersihkan dapat dijaga bersama-sama dengan baik, jangan justru malah dilobangi , sehingga dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama. Terutama untuk persiapan masa tanam pertama supaya sawah cukup terairi, sehingga bisa lebih meningkatkan hasil panen untuk mewujudkan swasembada pangan terutama padi. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Bersama Masyarakat Bersihkan Saluran Irigasi