Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Operasi Gaktib Lalin di Kodim 0816/Sidoarjo

Dibaca: 26 Oleh 20 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sidoarjo (20/01) – Denpom V/4 melaksanakan Operasi Gaktib dalam berlalu lintas terhadap Anggota Kodim 0816/Sidoarjo. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh anggota Kodim 0816 sekitar 400 personel. Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan antara lain STNK, SIM A/C Umum/Dinas, KTA, KTP dan Surat Ijin Jalan yang di berikan oleh Satuan Kodim 0816/Sidoarjo. Selain itu, pengecekan kelengkapan dan kelayakan kendaraan bermotor mulai dari spion, mesin dan bagian kendaraan lainnya. Operasi Gaktib ini dilaksanakan bertujuan untuk menghindari pelanggaran dan keamanan dalam berlalu lintas di jalan raya dan upaya menurunkan angka kecelakaan yang terjadi pada anggota TNI.

Keahlian dalam berkendara pun juga turut di praktekan karena demi kelancaran bertugas setiap hari. Jadi, TNI khususnya anggota Kodim 0816/Sidoarjo terhindar dari sikap arogansi dan tidak ugal-ugalan di jalan raya. Angka Kecelakaan yang terjadi di lingkungan TNI setiap tahun mengalami kenaikan yang mengakibatkan kematian atau cacat permanen. Prosentase tertinggi adalah pelanggaran lalu lintas, karena seringnya  mengabaikan peraturan dan tata tertib lalu lintas. Emosi juga pemicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu Satuan Denpom V/4 menegaskan agar anggota TNI khususnya Anggota Kodim 0816/Sidoarjo agar selalu mematuhi Tata Tertib Lalu Lintas dan selalu konsentrasi dalam berkendara.  Apabila ada pelanggaran yang terjadi maka ada sanksi dan tindakan yang akan diberikan oleh Denpom V/4 misalnya sanksi administrasi. Penegakan Disiplin tersebut bukan hanya semata-mata menakuti-nakuti anggota TNI melainkan menumbuhkan dan mempertahankan sikap kedisiplinan masing-masing personel TNI.

Baca juga:  Kodim Kudus Gelar Sosialisasi Tangkal Bahaya Komunis dan Faham Radikal

Kegiatan Operasi Gaktip terhadap anggota di Kodim 0816/Sidoarjo dilaksanakan tiap 6 bulan untuk memantau kedisiplinan dalam Tata Tertib berlalu lintas. Hasil pelaksanaan Operasi Gaktib hari ini tidak terdapat terdapat pelanggaran. Kelengkapan surat-surat dan bagian dari kendaraan sudah memenuhi syarat dalam berlalu lintas. Oleh karena itu kegiatan ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar ( Tris/pen084).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel