TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Buka Rakernis Bidang Teritorial Tahun 2016

By 26 Jan 2016 05:59Kodam I/Bukit Barisan
ter

Pangdam I/BB diwakili Kasdam l/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco Buka Rakernis Bidang Teritorial Kodam I/BB Tahun 2016 di Jalan Maulana Lubis Wisma Benteng Medan, Senin (25/1).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam l/BB menyampaikan bahwa kegiatan Rakernis dapat dijadikan sebagai sarana untuk bersilahturahmi dan saling tukar menukar informasi serta dapat memberikan masukan yang berharga guna meningkatkan kinerja jajaran Teritorial Kodam l/BB kedepan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam l/BB. Sebagaimana tema Rakernister kali ini yaitu “Meningkatkan Loyalitas, Moralitas dan Integritas Insan Teritorial Dalam Mewujudkan TNI AD Yang Kuat, Hebat, Profesional dan di Cintai Rakyat”.  Tema tersebut diharapkan dapat menginspirasi aparat teritorial guna meningkatkan kemampuan dan kinerja satuan dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah masing-masing.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan Satuan Komando Kewilayahan sebagai pelaksana fungsi utama pembinaan teritorial memiliki kedudukan yang sangat strategis dan menentukan dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 7 Undang Undang RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pemberdayaan Wilayah Pertahanan sebagai salah satu  tugas pokok TNI AD, selama ini diimplementasikan melalui pembinaan teritorial yang dalam pelaksanaannya dilakukan melalui tiga metode, yakni Bakti TNI, Bin Wanwil dan Komsos.

Diakhir amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi peserta Rakernister, terutama dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial dimasa yang akan datang sebagai berikut: Pertama, manfaatkan forum Rakernister sebagai wahana untuk mendapatkan solusi terbaik dalam pemecahan permasalahan di Bidang Teritorial. Kedua, laksanakan dan tingkatkan kualitas serbuan teritorial dalam rangka mendukung kebijakan pimpinan TNI. Ketiga, tingkatkan kemampuan personel dan satuan dalam melaksanakan pembinaan teritorial Satuan Komando Kewilayahan dan pembinaan teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan. Keempat, tingkatkan kedaulatan pangan melalui pendampingan upaya khusus di wilayah Kodam l/BB. Kelima, tingkatkan kesiapan perlawanan wilayah melalui koordinasi, sinkronisasi serta sinergitas dengan memberdayakan potensi wilayah. Keenam, tingkatkan semangat Bela Negara seluruh komponen masyarakat melalui kegiatan Komsos. Ketujuh, optimalkan peran Satuan Komando Kewilayahan dalam tugas perbantuan kepada pemerintah daerah di wilayah masing-masing.

Di sela-sela kegiatan Rakernister juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi Upaya Khusus (Upsus) bidang pertanian yang disampaikan oleh Kadistan Prov Sumut Ir.Aspan Sopian dalam rangka menyukseskan progam ketahanan pangan diwilayah Kodam l/BB. Kegiatan Rakornister dihadiri oleh Aster Kasdam l/BB, seluruh Dandim, Kasiter Korem, Pasiter Kodim dan seluruh Perwira yang membidangi kegiatan pembinaan Teritorial di Satuan Jajaran Kodam l/BB.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Buka Rakernis Bidang Teritorial Tahun 2016