TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kodam II/Swj Lakukan Senyum Teritorial

By 30 Jan 2016 06:16Kodam II/Sriwijaya
Picture14

Sebagai insan  teritorial dan prajurit rakyat, maka prajurit Kodam II/Swj harus melakukan 3 S, yakni SALAM, SENYUM dan SAPA kepada rakyat. Maksudnya, bila bertemu atau bertatap muka dengan rakyat, dimanapun bertugas dan berada maka prajurit perlu menyampaikan ucapan salam, memberikan senyuman,  dan menyapa secara simpatik kepada rakyat. Prajurit Kodam II/Swj harus bersikap ramah tamah dan sopan santun terhadap rakyat.

Demikian disampaikan Perwira Ahli Pangdam II/Swj bidang Sosial Budaya Kolonel Inf Afianto ketika memberikan arahan kepada Prajurit dan PNS Kodam II/Swj pada kesempatan apel Pagi Minggu Militer, Jum’at (29/1/2016) di Lapangan Makodam II/Swj, Palembang.

Ditambahkan oleh Kolonel Inf Afianto bahwa sebagian prajurit Kodam II/Swj bertempat tinggal dan senantiasa bergaul di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, prajurit Kodam II/Swj juga perlu melakukan LAMBUNG RUJAK, yang dulu istilah ini sangat populer dalam melaksanakan pembinaan territorial, yakni MENYELAMI, MENGHUBUNGI, MEMPENGARUHI dan MENGAJAK rakyat. Sebagai insan teritorial maka prajurit Kodam II/Swj perlu menyelami dan merasakan denyut nadi kehidupan rakyat, ikut merasakan bagaimana kesulitan yang dihadapi rakyat, sehingga mampu berempati. Kemudian prajurit harus menghubungi, mendatangi dan bergaul bersama rakyat, mampu  mempengaruhi dan mengajak rakyat untuk bersama-sama menciptakan situasi keamanan yang kondusif  dan membangun daerahnya agar menjadi lebih baik dan maju.

“Bila prajurit Kodam II/Swj mampu melaksanakan 3 S dan LAMBUNG RUJAK ini, maka prajurit Kodam II/Swj akan dapat secara tulus mencintai dan dicintai rakyat, dan keberadaannya akan senantiasa memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitarnya”, tandasnya.

Mantan Kapendam II/Swj tersebut, juga mengingatkan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk bijak dalam menyikapi perkembangan informasi dan menggunakan teknologi. Penggunaan kemajuan teknologi informasi harus diimbangi dengan spiritual, dan etika, agar kehadirannya membawa dampak yang positif bagi kehidupan manusia.

Pada kesempatan minggu militer yang dilaksanakan setiap bulan minggu ke-IV tersebut, prajurit dan PNS Kodam II/Swj melaksanakan lari jalanan secara terpimpin dan bersama-sama dengan menempuh jarak sejauh 3,2 kilometer di seputaran markas Kodam II/Swj, kemudian dilanjutkan dengan olah raga penguatan, berupa Pull Up, Push Up dan Sit Up.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kodam II/Swj Lakukan Senyum Teritorial