TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Siap Sukseskan Swasembada Pangan 2016

By 25 Jan 2016 15:09Kodam V/Brawijaya
P6

Segala upaya telah dilakukan oleh TNI dalam rangka membantu suksesnya swasembada pangan. Bersama Pemerintah Kabupaten Malang, Dandim 0818 Kab. Malang/Batu Letkol Inf Riksani Gumay, Kepala Distanbun Kab. Malang Ir. Tomi Herawanto dan Komandan Yonif Linud 502 Jabung Mayor Inf Rudi anto kemarin melakukan panen raya jagung. Pada hari itu juga dilakukan penanaman bibit jagung dengan varietas unggul, yakni jenis Pioneer P35. Beberapa kegiatan pelatihan tentang pertanian sebelumnya juga telah dilaksanakan, pelatihan tersebut diikuti pula oleh para prajurit tak terkecuali prajurit dari Batalyon Infanteri Lintas Udara 502 Jabung. Mengingat betapa pentingnya pengetahuan tentang pertanian, dan diharapkan oleh pimpinan pengalaman dan pengetahuan tersebut dapat di aplikasikan dalam kegiatan yang bersifat OMSP (Operasi Militer Selain Perang) di daerah penugasan/operasi.

Panen pada kali ini sungguh sangat melimpah, yakni sebanyak 8 ton/hektar, halter sebut berkat metode tanam yang baik dan sesuai dengan penerapan hasil penyuluhan yang dilakukan oleh tim penyuluh dari Dinas Pertanian yang juga melibatkan unsure dari Babinsa. Panen raya tersebut dilakukan oleh Dandim 0818/Kab. Malang-Batu Letkol Inf Riksani Gumay serta Kepala Distanbun Kab. Malang Ir. Tomi Herawanto. Turut hadir juga Danyonif Linud 502 Jabung Mayor Inf Rudianto yang juga ikut melaksanakan panen raya.

Pada kesempatan itu Dandim 0818/Kab. Malang-Batu mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan sinergitas antara Para Petani, TNI dan Pemerintah. Tujuannya untuk mensukseskan program Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan Nasional. “Seperti diketahui, pemerintah terus memacu percepatan program Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan Nasional. Sedangkan kami yang di daerah, implementasinya melalui panen raya jagung di tempat ini,” ujarnya kepada rekan-rekan pers.

Jagung merupakan salah satu komoditas pokok yang penting. Lantaran juga menjadi kebutuhan konsumsi untuk masyarakat. Disamping itu pula jagung bias juga diolah menjadi aneka panganan. “Selain jagung, kami juga terus berupaya menggarap seluruh komoditi pokok. Bila ketersediaan pangan melimpah, maka Negara akan menjadi kuat, ”kata Dandim 0818/Kab. Malang-Batu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Siap Sukseskan Swasembada Pangan 2016