TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Saka Wira Kartika Koramil 16/Sepulu Dikukuhkan

By 26 Jan 2016 06:05Kodam V/Brawijaya
5a

Sebanyak 70 pelajar Saka Wira Kartika Koramil 16/Sepulu dikukuhkan. Acara pengukuhan dilaksanakan di halaman SMA YKHS Sepulu Bangkalan, yang dipimpin oleh Danramil 16/Sepulu Kapten Inf Yusron, Senin (25/1).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala SMA YKHS Sepulu. Kapten Inf Yusron yang juga pemrakarsa kegiatan berharap pengukuhan anggota baru ini dapat memacu semangat untuk lebih giat berlatih.

Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika dibentuk melalui kerja sama antara kwartir nasional dengan TNI AD. ”Pembentukan Saka Wira Kartika ini bagian dari pengembangan pendidikan bela negara sekaligus wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pandega,” ujarnya.

Pengetahun dan keterampilan yang diberikan di bidang matra darat dengan tujuan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi luhur bangsa serta menjaga keutuhan NKRI. Matra darat sendiri, dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok dengan memanfaatkan kondisi alam di darat.

”Kegiatan pembinaan kepramukaan ini akan menjadi agenda tetap untuk terus ditingkatkan sesuai dengan komitmen Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto,” imbuhnya.

Adapun para anggota baru Saka Wira Kartika ini nantinya akan mendapatkan ilmu tentang lima krida. Pertama krida navigasi darat terdiri atas empat syarat kecakapan khusus (SKK) meliputi pengetahuan peta dan medan, kompas siang dan malam, resection dan intersection serta global position system (GPS). Lalu krida pionering terdiri atas SKK tali temali, pembuatan jembatan improvisasi, pembuatan perkemahan dan bekal air serta listrik. Selanjutnya krida mountainering terdiri atas SKK panjat tebing, turun tebing dan travesing. Terakhir krida survival terdiri atas SKK jenis-jenis tumbuhan, binatang, hutan gunung dan ralasuntai.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Saka Wira Kartika Koramil 16/Sepulu Dikukuhkan