Kodam VI/Mulawarman

Tidak Ada Orang Hidup Tanpa Cita-Cita

Oleh 25 Jan 2016 Tidak ada komentar
Tidak Ada Orang Hidup Tanpa Cita-Cita
#TNIAD 

Kodim 0910/Mln (25/01) Cita-cita adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tidak ada orang hidup tanpa cita-cita, tanpa berbuat kebajikan, dan tanpa sikap hidup. Manusia tanpa cita-cita ibarat air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya. Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia bahkan dapat lebih jauh tersesat lagi. Ya, cita-cita adalah sebuah rancangan bangunan kehidupan seseorang, bangunan yang tersusun dari batu bata keterampilan, semen ilmu dan pasir potensi diri.

Semua anak pasti memiliki cita-cita. Biasanya cita-cita yang mereka sebutkan didapat dari apa yang telah mereka lihat, mereka dengar dan mereka alami. Untuk memberikan gambaran tentang cita-cita yang akan di raih oleh anak-anak, dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan mendatangkan figure atau sosok yang ada dalam cita-cita mereka seperti Guru, Dokter, Petani, TNI dan lain sebagainya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Kodim 0910/Mln bekerja sama dengan Komunitas Fotografer Malinau (KFM) untuk menggelar kegiatan sosial dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di daerah pedalaman untuk memberikan gambaran kepada mereka agar mempunyai cita-cita dan semangat yang tinggi untuk meraihnya.

Menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak SD 007 Malinau Selatan Hilir (Masehi) yang bertempat di Ds. Punan Setarap Kec. Malinau Selatan Hilir Kab. Malinau Kaltara, Sabtu 23 Januari 2016 karena mereka akan diberikan gambaran tentang cita-cita dan motivasi untuk meraihnya dari Kodim 0910/Mln dan KFM. Terdapat berbagai latar belakang profesi yang tergabung dalam KFM diantaranya Dokter, Wartawan, Perawat, PNS dan Fotografer tentunya. Mereka menceritakan perjalanan hidup mereka mulai dari masih sekolah hingga dapat mencapai cita-cita masing-masing.

Sedangkan dari Kodim 0910/Mln diwakili oleh Serda Aji Bangkit Rifulthon yang juga menceritakan pengalamannya mulai dari masih bersekolah hingga sekarang. Seluruh siswa SD 007 Malinau Selatan Hilir yang berjumlah 50 orang mendengarkan dengan seksama dan sangat antusias.

Serda Aji Bangkit R menjelaskan “Acara yang kami gelar bersama dengan KFM ini merupakan salah satu program Kodim 0910/Mln dalam bidang pembinaan teritorial. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada siswa SD 007 Malinau Selatan Hilir tentang cita-cita apa yang ingin mereka raih serta memberikan semangat kepada mereka dengan segala keterbatasan yang ada. Sekolah yang jauh dari kata layak jangan menjadikan mereka putus asa dan patah semangat. Kami ingin mereka menjadi para pemimpin negeri ini kelak” ungkapnya.

Kondisi SD 007 Malinau Selatan Hilir jauh dari kata layak dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di daerah perkotaan. Dengan beratapkan triplek yang sudah jebol dan kurangnya buku pelajaran serta seringnya sekolah terendam banjir membuat mereka harus ekstra keras dalam menuntut ilmu karena sebelum masuk sekolah mereka terlebih dahulu gotong royong membersihkan sekolah mereka seusai terendam banjir.

Fanderson, guru di SD tersebut membenarkan tentang kondisi yang mereka sekarang ini. “Saya berharap ada bantuan dari berbagai kalangan agar sekolah ini bisa menjadi lebih baik lagi dan agar siswa-siswi kami dapat belajar dengan nyaman” tandasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel