TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

501 Prajurit Kodim 0705/Magelang Ikuti UTP

By 17 Feb 2016 12:13Kodam IV/Diponegoro
utp

Magelang – Sebanyak 501 prajurit Kodim 0705/Magelang mengikuti Uji Trampil Perorangan di Lapangan Tentara II Kotam Magelang, Selasa dan Rabu ( 16-17/02/2016).

Tujuan dilaksanakannnya UTP Umum ini adalah untuk menguji prajurit Kodim 0705/Magelang dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dalam rangka mendukung tugas pokok satuan serta diperoleh suatu data yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan umum dan jabatan sesuai tingkat keterampilannya untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Sebelum dilaksnakan UTP Umum terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (latihan Perorangan Dasar). Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos , Ketatalaksanaan Binter dan lain – lain, yang berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit ( BPUP ) dari tingkat kecakapan 1 s/d tingkat kecakapan 7 dimana semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan.

Kegiatan UTP Umum diikuti oleh seluruh prajurit golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan bertindak sebagai penguji materi adalah Para Perwira jajaran Kodim 0705/Magelang, dengan materi UTP yang sudah disiapkan Staf Operasi yang berpedoman pada Buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum. Guna menambah dan meningkatkan keterampilan prajurit satuan komando kewilayahan, maka materi UTP ditambahkan dengan berbagai persoalan yang sering terjadi diwilayah tugasnya, seperti antisipasi penanggulangan bencana, berbicara efektif dalam berpidato dan lain – lain keterampilan yang bersifat aplikatif sesuai tantangan tugas yang dihadapi satuan. Yang dilaksanakan di Kodim 0705/Magelang hanya dari BPUP Teritorial tingkat kecakapan 2 sampai 7, karena di Kodim 0705/Magelang tidak ada personel yang berpangkat Prajurit Dua.

Kegiatan UTP Umum dibuka oleh Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos, dalam sambutannya Dandim 0705/Magelang mengatakan, bahwa kegiatan latihan ini adalah merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.

“Laksanakan UTP ini dengan serius dan penuh semangat, jadikan ujian ini sebagai tolok ukur kemampuanmu dalam pelaksanaaan tugas sehari-hari” ucap Dandim disela-sela pelaksanaan UTP di Lapangan Tentara II Magelang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

501 Prajurit Kodim 0705/Magelang Ikuti UTP