TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ajak Islam Menuju Rahmatan Lil ‘alamin Syeikh Al-azhar Juga Dianugerahi Doktor Ulama

By 26 Feb 2016 06:54Kodam V/Brawijaya
14 (1)(1)

    Rabu, 24/02/2016. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kali ini kedatangan tamu istimewa, yakni Grand Syeikh Al-Azhar Mesir, Prof. DR. Ahmad Muhammad Ahmad Al-Thayyib, M.A., Ph.D.

    Kedatangan seorang ulama besar dari Mesir tersebut sebagai salah satu bentuk kepercayaan besar yang diberikan kepada kampus Islam tertua didunia terhadap UIN. Selain itu, kehadiran Al-Thayyib ini juga untuk menerima gelar doktor honoris causa Interdisciplinary Islamic Education. Pemberian gelar doctor ini tergolong istimewa, karena yang menguji sekaligus menyaksikan adalah para tokoh-tokoh penting negeri ini. Di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mantan Menag KH. Quraish Shihab, penguji Dr. Alwi Shihab, Dubes Mesir Bahaa el Deen Bahgat Ibrahim Dessouki, Wamenlu A.M. Fachrir dan Watimpres Sri Adiningsih.

    Pemberian gelar ini untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas jasa Ahmad Al Tyayyib dlam mengembangkan ajaran Islam. Dalam sebuah orasi ilmiahnya, Ahmad Al-Tyayyib menyampaikan jika konflik antar agama dan antar aliran di berbagai penjuru dunia sudah dalam taraf sangat memprihatinkan.  ” Masifnya gerakan ekstrimisme dan terorisme yang mengatasanamakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) yang juga sangat membahayakan dunia, ” tegasnya.

” Peran Islam Moderat dalam menciptakan Perdamaian Global ” dikenal sebagai agama yang humanis. Dengan kata lain Islam moderat mengayomi berbagai lapisan social dari etnis maupun agama. Dia mengajak semua kalangan untuk menciptakan perdamaian. Di akhir orasinya, Grand Syeikh Al-Azhar ke-50 itu menyatakan siap menjalin kerjasama yang kongkrit antara Al-Azhar University dengan UIN Malang, dengan melalui program pertukaran pelajar dan dosen antar negara. Akhirnya beliau berharap bahwa umat Islam didunia harus mengenal ajaran Islam yang sebenarnya, agar tujuan Islam yang cinta damai dapat segera terwujud di dunia, khususnya negara-negara Islam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ajak Islam Menuju Rahmatan Lil ‘alamin Syeikh Al-azhar Juga Dianugerahi Doktor Ulama