TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antisipasi Banjir Bandang, Kodim Jombang Dirikan Posko

By 12 Feb 2016 07:24Kodam V/Brawijaya
ANTISIPASI BANJIR BANDANG DANDIM JOMBANG DIRIKAN POSKO BANJIR-4

Jombang (11/02).        Hujan yang mengguyur Kab.Jombang beberapa hari terakhir membuat sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Jombang  terendam banjir, dan mengantisipasi timbulnya banjir yang lebih besar, mengingat musim hujan yang memasuki curah hujan tinggi dan diprediksi masih akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka Dandim 0814/Jombang Letkol Arh M.Fatkhurrahman,S.I.P berinisiatif untuk mendirikan Posko penanggulangan dampak banjir , khususnya di wilayah Kecamatan Mojoagung yang secara rutin menjadi langganan banjir.

Kodim Jombang mendirikan posko penanggulangan dampak banjir di wilayah Kec. Mojoagung  tepatnya di alun-alun Kec. Mojoagung dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut tiap tahun langganan banjir,  dan dengan berdirinya Posko tersebut diharapkan dapat mempercepat serta memudahkan dalam mensinergikan peran masing – masing instansi untuk bersama – sama menanggulangi dampak yang ditimbulkan akibat banjir, apalagi musim penghujan saat ini masih lama, demikian dikatakan  ujar Fatkhurrahman kepada wartawan di depan Posko banjir , pada Rabu 10-2-2019.

” Untuk sementara banjir yang terjadi karena luapan sungai Catak Banteng dan Sungai Pancir, yang meluap ke area permukiman warga dan sifatnya hanya banjir kiriman dari daerah Wonosalam dan Bareng,m dari pengalaman personel Koramil Mojoagung pernah juga terjadi banjir bandang yang menyebabkan efakuasi warga karena sebagian rumah penduduk ada yang terendam sampai dada orang dewasa,” jelas Dandim menambahkan.

Selain Posko, Kodim juga menyiagakan personel efakuasi dengan perlengkapan sesuai potensi yang dimiliki Kodim, dan personel tersebut dari  Makodim Jombang dan Koramil – Koramil jajaran Kodim Jombang, dan hal tersebut sebagai langkah awal agar pada saat yang benar – benar dibutuhkan masyarakat Kodim telah siap memberikan bantuan, sambil memonitor perkembangan dalam menyiapkan Satuan PRCPB ( Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana ), yang harus terbentuk secara sinergi oleh segenap komponen masyarakat di wilayah.

“ Kodim punya tugas dalam penanggulangan bencana di wilayahnya, dan juga punya tugas membantu pemerintah di daerah, dan untuk itu Posko tersebut akan diisi personel stanbay 24 jam “, tandasnya.

Hadir dalam pengecekan Posko penanggulangan dampak banjir tersebut adalah  Kapten Inf Nur Ahmadi Danramil 0814/10 Mojoagung, Kompol Samsul Kapolsek Mojoagung, Bpk Senen selaku Camat Mojoagung serta personil Koramil Mojoagung.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antisipasi Banjir Bandang, Kodim Jombang Dirikan Posko