TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Arosbaya dan Petani Turun Ke Sawah Bersihkan Gulma Tanaman Padi

By 24 Feb 2016 06:37Kodam V/Brawijaya
272bc514e2fc67be38d9d01fcdc00db6

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Arosbaya jajaran Kodim 0829/Bangkalan Serka Dori dan Sertu Samsul bersama petani, pendampingan Upsus, Babinsa langsung turun ke sawah membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan petani di Dusun Tapel Desa Lajing Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, dengan luas lahan 1 ha,  Selasa (23/2/2016).

Komandan Koramil (Danramil) 13/Arosbaya Kapten Inf Budiono, menjelaskan “gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelasnya.

Lanjut Kapten Inf Budiono, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida”, imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal. Authentikasi : Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Arosbaya dan Petani Turun Ke Sawah Bersihkan Gulma Tanaman Padi