TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 0815/04 Puri Membantu Warga Perbaiki Tanggul Yang Jebol Akibat Hujan

By 12 Feb 2016 06:59Kodam V/Brawijaya
brawijaya

MOJOKERTO- 10-02-2016. Dalam upaya membantu penanggulangan banjir di Dsn. Kenanten Ds. Kenanten Kec. Puri Kab. Mojokerto, pada Minggu 7 Pebruari 2016 pukul 07.00 s.d. 12.30 WIB, Babinsa Desa Kenanten Koramil 0815/04 Puri, Serda Sunardi bersama Kades dan warga masyarakat, melakukan perbaikan tanggul Sungai Kenanten yang bermuara ke Sungai Sadar di Ujung Perumahan Griya Permata Meri (GPM) – Tropodo Kota Mojokerto.

Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Kenanten yang terjadi tanggal 6 dan 7 Pebruari 2016 sempat menggenangi jalan, pemukiman warga dan sawah di 4 (empat) dusun di wilayah Desa Kenanten Kec. Puri Kab. Mojokerto yang meliputi Dsn. Kenanten, Dsn. Karangmojo, Dsn. Karangwungu dan Dsn. Saurkembang. Bahkan luapan air Sungai Kenanten tersebut sempat menggenangi Jl. Raya By Pass di Simpang Lima Kenanten s.d. depan Hotel Puri Indah.

Perbaikan tanggul Sungai Kenanten sepanjang ± 12 meter sebagai upaya penanggulangan pasca bencana agar tidak terjadi kembali bencana serupa. Adapun material yang digunakan dalam perbaikan tanggul tersebut antara lain : Sirtu dan koral yang dikemas dalam karung plastik/sak/glangsingserta bamboo dan sesek gulung untuk penahan sedangkan dana untuk perbaikan diambil dari Kas Desa Kenanten dan swadaya masyarakat dengan hasil 100 %. Diharapkan dengan adanya perbaikan tanggul ini akan dapat membantu mencegah terjadinya banjir akibat meluapnya Sungai Kenanten ketika terjadi hujan.

Kegiatan perbaikan tanggul ini merupakan bagian dari penanggulangan bencana alam banjir yang dilakukan oleh TNI – khususnya Koramil 0815/04 Puri dan masyarakat di wilayah binaan. Personel yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut antara lain Unsur TNI – Koramil 0815/04 Puri, Danramil (Kapten Inf Eko Wahyudi) beserta Bati Bhakti TNI dan Babinsa Desa Kenanten (Serda Sunardi) dan warga masyarakat RT 01 s.d. 03 Dsn. Kenanten sebanyak 50 orang;
Selain perbaikan tanggul, upaya pemulihan pasca bencana alam banjir tersebut ditindaklanjuti oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Mojokerto dengan kegiatan pemulihan pasca bencana berupa pemberian bantuan paket Sembako kepada warga korban banjir sebanyak 198 paket yang terdiri dari gula pasir 1 Kg, minyak goreng 2 Ltr, Kecap 1 sachet, Sarden 1 kaleng dan beras 5 Kg, yang dilaksanakan di Balai Desa Kenanten Kec. Puri pada tanggal 9 Pebruari 2016 pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB, bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Kades Kenanten beserta perangkat desa dibantu Babinsa Kenanten (Serda Sunardi). Selama kegiatan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman.(Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 0815/04 Puri Membantu Warga Perbaiki Tanggul Yang Jebol Akibat Hujan