TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 16/Sepulu Beri Wawasan Kebangsaan

By 15 Feb 2016 07:21Kodam V/Brawijaya
20160213182207(1)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16/Sepulu Kodim 0829/Bangkalan, Serka Didik Kuncoro memberikan materi tentang wawasan kebangsaan (wasbang) di SDN 2 Sepulu Kabupaten Bangkalan.  Sabtu 13 Februari 2016.

Komandan Koramil (Danramil) 16/Sepulu Kapten Inf M Yusron, mengatakan, bukan hanya pada tingkatan sekolah menengah atau atas saja, tetapi Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa ini.

Menurut Kapten Inf M Yusron, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarrnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

“Sesuai dengan levelnya tentunya pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupannya,” jelas Kapten Inf M Yusron kepada media, Sabtu (13/2).

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 16/Sepulu Serka Didik Kuncoro memberikan materi tentang wawasan kebangsaan (wasbang) di SDN 2 Sepulu Kabupaten Bangkalan yang telah membuahkan hasil secara signifikan.

Lebih lanjut Danramil 16/Sepulu Kapten Inf M Yusron menjelaskan bahwa, pemberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswi SD materinya tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya.

“Selain itu bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar,” ungkapnya.

Sehingga tumbuh rasa Bela Negara, Rasa Cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 16/Sepulu Beri Wawasan Kebangsaan