TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Mengajar di SD Miangas

By 01 Feb 2016 06:34Kodam VII/Wirabuana
photo_2016-01-31_14-44-30

Kegiatan mengajar di SD Miangas Kec. Miangas, Kab. Kep Talaud yang dilaksanakan oleh para Babinsa meliputi bidang study IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan PPKN (Pendidikan Kewarnegaraan).

Seorang Babinsa Serda Robinstein Parenta mengatakan bahwa disamping tugas-tugas kesehariannya menjaga wilayah pulau terluar paling utara NKRI yang berbatasan langsung dengan Filipina, dia juga ikut berperan aktif dalam memberikan materi pelajaran di sekolah dengan mengajar PPKN.

Lebih lanjut Robin meyampaikan, sesuai dengan program pemerintah dan sesuai petunjuk pimpinan dari Komando Atas yang memberikan instruksi/ peluang bagi anggota yang melaksanakan tugas di perbatasan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayahnya terutama masalah kekurangan tenaga pengajar khususnya di sekolah dasar di Pulau Miangas.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai program dari sekolah sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Para Babinsa mengajar siswa berdasarkan kurikulum yang berlaku sesuai dengan arahan dari pihak sekolah yang memang sebelumnya telah dipersiapkan oleh para guru dan Babinsa yang diperbantukan mengisi materi pelajaran di sekolah tersebut. Hal senada juga ditegaskan oleh Dandim 1301/Satal Letkol Kav Sumantri Harsono SIP, para Danramil dan Babinsa yang bertugas di pulau-pulau terluar yang kekurangan tenaga pengajar/ guru diberikan tugas untuk membantu pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah disamping tugas kesehariannya sebagai prajurit yang mengawal keutuhan dan kedaulatan Bangsa dan Negara. Saat ini beberapa Koramil di jajaran Kodim 1301/Satal juga melaksanakan hal yang sama dalam rangka membantu mencerdaskan anak – anak bangsa yang berada di pulau terpencil di wilayah Kodim 1301/Satal.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Mengajar di SD Miangas