TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bersama Masyarakat, Babinsa Perbaiki Tanggul Irigasi

By 22 Feb 2016 10:49Kodam IV/Diponegoro
2202201613

Akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan Kecamatan Gombong dan sekitarnya mengakibatkan rusaknya beberapa titik tanggul irigasi di kawasan Desa Wonosigro, Kec. Gombong, Kab. Kebumen hingga jebol sepanjang 1,5 meter dengan lebar 1 meter, mengundang simpati Babinsa dan warga untuk segera melakukan tindakan perbaikan dan penanganan segera agar kerusakan tidak bertambah parah, Sabtu (20/2/16).

Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah Babinsa bersama masyarakat dan petugas dari SDA langsung melaksanakan perbaikan tanggul yang jebol akibat guyuran hujan yang terus menerus melanda kawasan tersebut.

Petugas Sumber Daya Air, Purwanto mengatakan, “perbaikan tanggul yang jebol memang harus segera diperbaiki, karena mengingat saat ini adalah musim penghujan, sehingga apabila tidak segera di perbaiki, sewaktu waktu hujan turun lagi, maka air di saluran irigasi ini akan lancar memasuki lahan lahan persawahan, “ katanya.

Babinsa Serma Paino telah mengingatkan warga sebelumnya, agar lebih waspada dan selalu melaporkan setiap perkembangan yang mengarah kepada kerusakan tanggul, hal ini telah diantisipasi Babinsa saat dirinya melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian di area sawah tersebut, “saya sudah melihat tanda tersebut, namun ketika hujan deras tiba tanggulpun tidak mampu menahan luapan air, sebelumnya sebagian tanggul telah kita perbaiki satu hari sebelum tanggul tersebut rusak saat ini, meski begitu kini telah ditangani dengan memasang beberapa karung pasir untuk sementara waktu, “kata Paino.

Pihak SDA rencananya akan segera memperbaiki tanggul tersebut dalam waktu dekat dengan bangunan permanen, agar lebih kuat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bersama Masyarakat, Babinsa Perbaiki Tanggul Irigasi