TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bersama Petani, Anggota Koramil Kepung Saluran Irigasi

By 18 Feb 2016 06:30Kodam V/Brawijaya
1

Kendati Jaringan Irigasi Non Permanen menjadi tanggungjawab Kelompok Tani setempat, bukan berarti Koramil 0809/13 Kepung menutup mata untuk berinteraksi secara langsung. Jaringan irigasi non permanen sepanjang 140 meter yang membentang di tengah areal pertanian Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, menjadi perhatian sepenuhnya Koramil Kepung.

“Irigasi yang ada di Desa Krenceng ini cukup lumayan strategis bila dilihat potensi areal pertanian yang ada di sini. Lahan yang ada di Desa Pakis ini mayoritas ditanami padi, setidaknya produksi padi di sini turut menyumbangkan grafik statistik di Kediri” kata Danramil Kepung Kapten Arm Sugito, saat bersama-sama anggotanya membantu para petani membersihkan irigasi pertanian tersebut.

“Pembersihan ini dilakukan, karena terlalu banyaknya air hujan di musim penghujan ini, sehingga rumput tumbuh lebat dan kotoran atau sampah banyak berkumpul di irigasi ini, otomatis menyumbat aliran air” lanjut Kapten Arm Sugito, Rabu 17 Februari 2016.

Anggota Koramil Kepung diturunkan untuk membantu para petani yang ada di Desa Krenceng ini. Ditilik dari hasil produksi pertanian di Desa Krenceng, untuk sekali panen bisa mencapai sekitar 496 ton Gabah Kering Giling (GKG) dari lahan pertanian sekitar 62 hektar. Pembersihan ini sendiri sebagai antisipasi terlalu banyaknya kotoran dan lebatnya rumput yang tumbuh di sepanjang saluran irigasi ini, bila terlalu menumpuk dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran pengairan di wilayah tersebut. Authentifikasi : Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Arm Imam Duhri

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bersama Petani, Anggota Koramil Kepung Saluran Irigasi