TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim Lamongan Cek Kondisi Tanggul Yang Jebol

By 10 Feb 2016 09:56Kodam V/Brawijaya
5(3)

 

LAMONGAN- 3 Hari yang lalu Wilayah Lamongan di Guyur Hujan Lebat yang mengakibatkan terjadinya tanggul jebol di wilayah Lamongan,Turi, Sukodadi yang  menyebabkan banjir di beberapa wilayah Lamongan yakni Desa Plosowahyu Kec Lamongan, Desa Gedangan Kec Sukodadi,Desa Tambakploso Kec Turi dan untuk wilayah Kec Laren serta Desa Blimbling Kec Paciran dikarenakan curah hujan yang sanggat tinggi dan Kali (Waduk) di wilayah tersebut tidak mampu menampung curah hujan yang sangat tinggi dan mengakibatkan air meluap dan diperkirakan apabila hujan reda 3-4 jam luapan akan surut dengan sendirinya.

Akibatnya di Kec Sukodadi ditaksir sekitar 300 Rumah terendam air di dusun Dorogede,Desa Gedangan terendam banjir juga menggenangi 50 Rumah dan didesa plosowahyu berhimbas puluhan Hektar lahan pertanian dan tambak terendam.

Tingginya air luapan (tangkis Kali Gedangan Jebol) karena tidak kuat menahan debit yang terus meningkat dan mengakibatkan rumah warga terendam sekitar 40-50 Centimeter (cm).Luapan Air ke rumah warga berlangsung beberapa Jam saja.

Babinsa bersama Warga berupaya antispatif dengan menutup dan perbaikan tangkis yang jebol dengan menggunakan Escavator Kodim Lamongan dan menggunakan Gedhek (anyaman Bambu) dan hari ini Babinsa bersama Warga bergotong royong menutup tanggul yang jebol di khawatirkan akan terjadi hujan yang lebat dan akan memperparah tangkis yang jebol, (9/2).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0812 lamongan Letnan Kolonel Jemz Andre.R.E,S.Sos menginstruksikan Kepada Danramil jajaran Kodim 0812 Lamongan untuk membantu mengatasi tanggul yang jebol sehingga cepat bisa di atasi. Saya suda berkoordinasi dengan BPBD Kab Lamongan untuk segera menindak lanjuti kebutuhan dalam memperbaiki tanggul yang jebol. pungkas Dandim.(Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim Lamongan Cek Kondisi Tanggul Yang Jebol