TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dialog Publik : Menjaga Kelestarian Hutan Manggrove Di Kawasan Pesisir di Sorong

By 17 Feb 2016 10:47Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-02-17_09-37-05

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sorong menggelar Dialok Publik dengan Tema Menjaga Kelestarian Hutan Manggrove Di Kawasan Pesisir dihadiri oleh Walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, MM, Staf Konservation Internasional Kota Sorong Albert Nebore, Ka RRI Sorong Drs. Joko Purnomo, Ka Badan Lingkungan Hidup Kota Sorong Drs. Kelly Kambu, Ka Penrem 171/PVT Mayor Inf Herold Y. T. Koridama, Ka Disportmar Lantamal XIV Sorong Mayor Laut Frengki Akihari, bertempat di Aula Pelabuhan Rakyat Klademak Sorong-Papua Barat, Selasa (16/2).

Upaya pelestarian kerusakan hutan mangrove tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga dilakukan oleh masyarakat yang ikut berpartisifasi membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya ekosistem hutan mangrove dengan metode yaitu konservasi, reboisasi dan rehabilitasi. Secara umum semua habitat pohon mangrove didalam kawasan hutan mangrove yang mengalami kerusakan dapat memperbaiki kondisinya seperti semula secara alami dalam waktu 15-20 tahun apabila kondisi normal hidrologi tidak tertanggu dan ketersedian biji dan bibit serta jaraknya tidak terganggu atau terhalangi.

Oleh karena itu habitat pohon mangrove dapat diperbaiki tanpa penanaman maka rencana rehabilitasi harus terlebih dahulu melihat potensi aliran air laut yang terhalangi atau tekanan-tekanan lain yang mungkin menghambat perkembangan pohon mangrove. Salah satu cara melindungi hutan mangrove adalah dengan menunjukan suatu kawasan hutan mangrove sebagai kawasan konservasi dan sebagai bentuk sabuk hijau di sepanjang pantai dan tepi sungai. Dialok Publik yang digelar oleh PWI Kota Sorong ini juga adalah dalam rangka memperingati HUT Ke-70 PWI dimana selesai pelaksanaan dialok, PWI Kota Sorong bersama lapisan masyarakat dan pencinta lingkungan akan melaksanakan penanaman pohon manggrove disepanjang pantai Klademak Sorong.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dialog Publik : Menjaga Kelestarian Hutan Manggrove Di Kawasan Pesisir di Sorong