TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Donor Darah Adalah Perbuatan yang Sangat Mulia

By 29 Feb 2016 12:55Kodam VI/Mulawarman
1

Kegiatan sosial donor darah adalah salah satu Program Budaya Nasional dan merupakan salah satu perbuatan yang sangat mulia yang menuntut adanya ketulus-iklasan, baik dari penyumbang darah itu sendiri maupun bagi penerima darah. Hal tersebut dikemukakan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Indra Pujihastono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Aspers Kasdam VI/Mlw Letnan Kolonel Arh Blasius Popylus pada acara kegiatan sosial Donor Darah yang digelar dalam rangkan memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Persit Kartika Chandra Kirana ke-70 dan Hut Dharma Pertiwi ke-52 yang berlangsung di Makesdam VI/Mlw Balikpapan Sernin, 29 Februari 2016.

Selanjutnya Pangdam VI/Mlw menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah yang dilaksanakan secara rutin berdasarkan penemuan para  para peneliti dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung koroner sampai 1/3 kali terutama bagi para kaum pria. Selain itu, bagi pendonor darah rutin juga dapat menurunkan stren oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, serta  meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Kegiatan sosial donor darah ini merupakan wujud nyata dari sikap kepedulian, rasa kebersamaan dan kesetiakawanan terhadap sesama, karena setetes darah yang diberikan sangat berati bagi kehidupan orang lain. Oleh karena itu kegiatan seperti ini hendaknya terus kita bangun diantara sesama keluarga besar Kodam VI/Mlw dan bahkan sesama warga masyarakat yang memerlukan bantuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Persit yang juga selaku ketua Dharma Pertiwi Daerah F.Ny. Diah Benny Indra Pujihastono  bahwa, darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh dan hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memproduksi darah buatan. Karenanya kebutuhan darah masyarakat hanya dapat dipenuhi dengan kehadiran para “ pahlawan kemanusiaan” yaitu para donor darah sukarela yang menyumbangkan darahnya yang sangat berharga itu, bagi kepentingan kemanusiaan.

Kegiatan kemanusiaan ini berhasil mengisi hampir seratus kantong darah yang bukan hanya dari kalangan Ibu-ibu Persit dan Dharma Pertiwi tetapi juga dari kalangan para pejabat Kodam VI/Mulawarman, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan serta sejumlah prajurit TNI balikpapan ikut menyumbangkan darahnya.

Setelah kegiatan donor tersebut, Ketua Persit yang didampingi oleh Wakil Ketua Persit PD VI/Mulawarman Ny. G.E. Supit, Karumkit DR. R. Harjando l Kolonel Ckm dr. Benny Untu, Sp. M. beserta para pengurus Persit dan Dharma Pertiwi melaksanakan anjangsana dengan mengunjungi puluhan anggota dan keluaraga besar TNI yang sedang rawat inip di Rumah sakit DR.R.Hardjanto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Donor Darah Adalah Perbuatan yang Sangat Mulia