TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ekspedisi NKRI Tingkatkan Rasa Peduli Dan Cinta Tanah Air

By 16 Feb 2016 06:18Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-02-15_18-33-09

Apa sih Ekspedisi NKRI itu ?. Sebelum mengetahui maksudnya, alangkah baiknya kita mengetahui siapakah penyelenggara ekspedisi ini. Penyelenggaranya adalah Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat yang bekerjasama dengan TNI dan Polri serta kementerian dan lembaga lain diantaranya dari Pemda, Pemkab, Sipil, Peneliti, Mahasiswa dan LSM. Maksud dari kegiatan EKSPEDISI NKRI adalah melakukan sebuah kegiatan yang meliputi penjelajahan, penelitian, dan komunikasi sosial dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan rakyat dipulau – pulau terdepan.

Ekspedisi NKRI tidak hanya dilaksanakan di Papua saja, tetapi di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sumatra hingga Papua. Untuk Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 merupakan Ekspedisi NKRI ke enam, yang mana sebelumnya telah dilaksanakan Ekspedisi yang sama di beberapa tempat di seluruh Indonesia seperti Ekspedisi pertama tahun 2011 Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera, kedua tahun 2012 Ekspedisi Khatulistiwa di Kalimantan, ketiga tahun 2013 Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi, ke Empat tahun 2014 Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara, ke Lima tahun 2015 Ekspedisi NKRI kepulauan Nusa Tenggara.

Sedangkan tujuan diadakanya EKSPEDISI NKRI adalah sebagai wujud sumbangsih Tim Ekspedisi bagi masyarakat dan Pemerintah dalam rangka memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui program “Green, Clean dan Healtly, membantu mengatasi kesulitan rakyat dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan serta membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Lalu apa Manfaatnya? Manfaatnya sangat banyak sekali yakni kita bisa mendapatkan banyak data tentang kepulauan Nusantara, meliputi data tentang Flora dan Fauna sehingga dapat ditemukan spesies baru, serta kondisi geologi tiap wilayah yang dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat dan mengantisipasi kemungkinan potensi bencana alam. Sedangkan dalam bidang sosial, ekspedisi ini dapat menggali sosial budaya setempat dan kearifan lokalnya sehingga tumbuh rasa cinta tanah air dan terpeliharanya kelestarian alam. Dan ini semua dapat mempermudah khususnya untuk masyarakat, para ilmuwan dan adik – adik kita yang masih duduk di bangku sekolah untuk mempelajari tentang Kepulauan lainnya di Seluruh Indonesia, karena kita tahu Negara kita adalah Negara dengan kepulauan terbesar di Dunia, dan tidak semua orang di Indonesia dapat menjelajahi pulau – pulau di seluruh Nusantara, karena jarak tempuh dari satu pulau kepulau lainya cukup jauh, sehingga dengan diadakanya kegiatan Ekspedisi NKRI ini dapat menjawab itu semua.

Selain meningkatkan rasa peduli dan cinta tanah air, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat tahun 2016 ini, juga melaksanakan kegiatan sosial lainnya seperti Pelayanan Kesehatan dan Bakti Sosial, mengembangkan Potensi Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat, membangun infrastruktur di daerah terpencil, meningkatkan akses perhubungan dan komunikasi. Selain itu, memberikan teladan kepada masyarakat untuk melestarikan alam, memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Nasional, merealisasikan Program Revolusi Mental, meningkatkan Pertahanan Nasional dan Bela Negara serta mendukung Program Nawa Cita.

Dengan Ekspedisi NKRI ini, pasti ada hal-hal yang akan ditemui, karena tim yang datang dari berbagai perguruan tinggi dan tim ahli lainnya, tentunya akan menemukan sesuatu yang baru dan akan memberi manfaat khususnya bagi daerah maupun masyarakat dalam mengembangkan potensi wilayahnya khususnya bidang pariwisata, Flora dan Fauna serta keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ekspedisi NKRI Tingkatkan Rasa Peduli Dan Cinta Tanah Air