TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

FKPPI Diharapkan Senantiasa Merevitalisasi Semangat Bela Negara

By 01 Feb 2016 07:22Kodam IV/Diponegoro
0102201601

Pangdam IV/Diponegoro menaruh harapan besar agar seluruh anggota FKPPI senantiasa merevitalisasi semangat Bela Negara dengan mengaktulisasikan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Hal tersebut diungkapkan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi dalam Apel Bela Negara yang diselenggarakan FKPPI Daerah XI Jawa Tengah dan Daerah XII DIY di Lapangan Simpanglima, Semarang.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, anggota FKPPI dituntut mampu menjabarkan jiwa dan semangat perjuangan dalam lingkup yang seluas-luasnya di tengah-tengah masyakarat bangsa Indonesia khususnya dalam rangka mensosialisasikan wawasan kebangsaan dalam rangka menumbuhkan semangat Bela Negara.

“Upaya sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut, semata-mata karena kesadaran bahwa paham kebangsaan itu memang penting untuk semua anak bangsa dan semua kelompok atau organisasi sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang secara kultur sangat pluralis dan heterogen” ungkap orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro.

Disisi lain dijelaskan, bahwa terwujudnya kebersamaan FKPPI bersama aparat TNI, Polri dan Pemda akan membentuk suatu kekuatan besar dalam rangka mencarikan solusi setiap permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan bangsa dan negara ke depan.

Selain itu, kebersamaan dan kesatupaduan yang telah terjalin ini menjadi sangat penting untuk memantapkan persatuan dan kesatuan sebagai modal dasar dalam membangun bangsa yang besar, mandiri dan bermartabat.

Pada kesempatan ini, Mayjen TNI Jaswandi menyampaikan harapannya, agar anggota FKPPI dapat berbuat dengan maksimal dalam memberikan warga kebangsaan dan semangat kepejuangan serta semangat persatuan bangsa di lingkungan masing-masing. Sebagai bagian dari komponen bangsa yang berperan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, FKPPI harus tampil terdepan menjadi contoh dan tauladan bagi generasi muda yang diharapkan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai dasar para pendahulu bangsa Indonesia. Sikap yang dicontoh diantaranya kejujuran, tulus dan ikhlas, selalu berbuat yang terbaik, pantang menyerah serta cinta tanah air.

Di akhir amanat, Pangdam IV/Diponegoro menaruh harapan besar agar seluruh anggota FKPPI senantiasa merevitalisasi semangat Bela Negara dengan mengaktulisasikan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sebelum Apel Bela Negara dilaksanakan pelantikan pengurus FKPPI Jateng yang dipimpin Ketua Umum FKPPI Pusat Siti Hediyati Suharto.

Usai Apel Bela Negara dilaksanakan demo bela diri dan lomba defile. Dalam lomba defile juara I diraih oleh anggota FKPPI Kab. Magelang. Sedangkan juara II diraih anggota FKPPI Kab. Temanggung dan juara III diraih anggota FKPPI Kab. Sukoharjo. Pada kesempatan ini, Pangdam IV/Diponegoro berkenan menyerahkan piala kepada juara I lomba defile. Sedangkan juara II diserahkan oleh Ketua FKPPI DIY dan juara III diserahkan oleh Ketua FKPPI Jateng.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro, Wakapolda Jateng, para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, serta para pengurus FKPPI Kabupaten/Kota se Jateng dan DIY.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

FKPPI Diharapkan Senantiasa Merevitalisasi Semangat Bela Negara