TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kapuspen TNI Berikan Penghargaan Terhadap Satuan Penerangan Terbaik

By 04 Feb 2016 17:46Puspen TNI
kapus

(Puspen TNI. Kamis, 4 Februari 2016). Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Tatang Sulaiman memberikan penghargaan terhadap Satuan Penerangan terbaik dari masing-masing angkatan, sebelum penutupan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penerangan TNI tahun 2016, di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu malam (3/2/2016).

Rakornis yang diikuti oleh 169 Personel Jajaran Penerangan TNI (AD, AL, AU) se-Indonesia tersebut, berlangsung selama satu hari dengan tema “Dilandasi Loyalitas, Moralitas Dan Integritas Siap Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional Dan Dicintai Rakyat Melalui Sinergitas Dan Soliditas Satuan Penerangan TNI”.

Menurut Mayjen TNI Tatang Sulaiman, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan kriteria penilaian yang dilakukan oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan selama tahun 2015, antara lain : inovasi peningkatan fungsi penerangan, volume pemberitaan di media massa, kerjasama dengan mitra dan pers wilayah, serta pemanfaatan sarana dan prasaran dalam membangun opini positif satuan.

“Dari hasil penilaian tersebut, sebagai satuan penerangan terbaik dari masing-masing angkatan, TNI AD yaitu, Penerangan Kodam VI/Mulawarman Balikpapan, TNI AL yaitu Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Dispen Armatim) Surabaya dan TNI AU yaitu Penerangan dan Perpustakaan (Pentak) Pangkalan Udara/Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru,” kata Kapuspen TNI.

Membacakan sambutan Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan M.P.A., M.B.A. pada saat penutupan, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan, mencermati perkembangan media massa saat ini, maka hubungan dengan media massa tidak cukup hanya sebatas hubungan antara sumber berita dan pencari berita, namun perlu dikembangkan dalam hubungan media relations yang lebih inovatif seperti Media Gathering, Forum Pemred, Media Visit dan lain-lain. Pejabat penerangan tidak boleh alergi terhadap media. Media bukan untuk dihindari, akan tetapi harus dijadikan energi untuk meningkatkan kinerja guna mewujudkan citra positif TNI melalui kegiatan publikasi.

Sinergitas jajaran Penerangan TNI harus dapat diwujudkan mulai dari satuan bawah sampai ke tingkat atas dalam mengemas suatu berita, sangat diperlukan kapasitas dalam mengelola media (Media Management) berhubungan baik dengan insan media (Wartawan dan Pemred) belumlah cukup, yang terpenting adalah setiap pejabat penerangan harus dapat mengukur terhadap setiap berita yang dipublikasikan sesuai dengan sasaran dan tujuannya. “Saya berharap jajaran Penerangan TNI dalam mengelola media memiliki langkah dan tindakan yang sama,” ujar Kasum TNI.

Menurut Kasum TNI, untuk memenangkan persepsi, mewujudkan legitimasi dan memperoleh kepercayaan publik melalui kegiatan publikasi, maka pejabat penerangan harus mengetahui secara pasti tentang data dan kondisi objektif berita, bila perlu mendatangi langsung ke sumber berita untuk mendapatkan rincian datanya. Selain itu apabila dinilai perlu siapkan pula konferensi pers dengan mengundang seluruh media massa agar kegiatan pemberitaan lebih efektif dan efisien serta diikuti dengan langkah dokumentatif berupa rekaman dan pengambilan gambar.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kasum TNI menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan : Pertama, jangan pernah surut untuk terus mempublikasikan berbagai kegiatan TNI ke media agar publik lebih tahu, lebih paham dan lebih merasakan lagi kiprah pengabdian dan keberadaan TNI. Kedua, asah terus kemampuan prajurit sebagai insan Pers dengan terus mengamati perkembangan dunia media massa dan tehnologi informasi dengan berpegang teguh kepada etika dan norma keprajuritan. Ketiga, bekerjalah dengan cerdas dalam mengelola media dengan tetap dilandasi dengan semboyan berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan M.P.A., M.B.A. mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kapuspen TNI beserta Staf selaku penyelenggara serta kepada para peserta Rakornis Penerangan TNI, atas kesungguhannya dalam mengikuti seluruh rangkaian acara serta partisipasinya dalam memberikan masukan dan sumbangan pemikiran, sehingga pelaksanaan Rakornis ini dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kapuspen TNI Berikan Penghargaan Terhadap Satuan Penerangan Terbaik