TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasi Intel Korem 031 Wirabima Bekali Eks Gafatar Riau Wawasan Kebangsaan

By 10 Feb 2016 10:13Kodam I/Bukit Barisan
DSC_0809

PEKANBARU (10/2/2016) – Bertempat di salah satu ruangan Rusunawa di Jalan Mekar Sari, Kota Pekanbaru, Prov Riau, Kasi Intel Korem 031/Wirabima Kolonel Inf Eko Prayitno memberi pencerahan mengenai wawasan kebangsaan terhadap 50 eks Gafatar Riau.

Dalam pemaparannya, Kolonel Inf Eko Prayitno menyampaikan pentingnya memiliki kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Eks Gafatar Riau diajak untuk tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia dengan ideologi pancasila.

Tak terkeculi dijelaskan juga bahwa setiap WNI harus tahu sejarah yang benar tentang perjuangan Bangsa Indonesia, memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi, jiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, termasuk menghargai perbedaan agama di Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, mereka (eks Gafatar Riau) semua merespon dengan baik. Rasa kebangsaan mereka sepertinya masih kuat dan melekat”, Ujar Kolonel Eko.

Disampaikan lagi, eks Gafatar yang sebagian besar berusia 35 tahunan ini juga dimasukkan pula pemahaman tentang bagaimana menjaga kedaulatan tanah air dari pengaruh buruk dan ancaman yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Ini disampaikan, guna menyadarkan bahwa bangsa yang besar pasti memiliki nilai ancaman yang besar baik yang datang dari luar maupun dari masyarakat Indonesia sendiri.

“Ini yang perlu kita tanamkan ke mereka. Kita berharap rasa nasionalisme mereka ini dapat kembali membangun dan mewujudkan bangsa yang kuat dan bermartabat,” harapnya.

Kolonel Eko berharap setelah nantinya ada pembekalan secara berkala bisa memberikan penyadaran terhadap mantan anggota eks Gafatar dan kembali kepada masyarakat biasa semestinya. . (Penrem 031/WB)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasi Intel Korem 031 Wirabima Bekali Eks Gafatar Riau Wawasan Kebangsaan