TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kepala Suku Kampung Mumugu II Menyabut Kedatangan Danyonzikon 14/Swc Jakarta

By 01 Feb 2016 06:20Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-01-31_10-35-14

Asmat – Benyamin selaku Kepala Suku beserta Danramil Sawerma Kapten Inf Rajab dan seluruh masyarakat Kampung Mumugu II Distrik Sawerma Kab. Asmat menyambut kedatangan Batalyon Zeni Kontruksi 14/SWC Jakarta yang dipimpin oleh Danyonzikon 14/SWC Mayor Czi Fauzan Fadli.

Kedatangan personil Batalyon Zeni Kontruksi 14/SWC di Kampung Mumugu II adalah untuk melaksanakan pembangunan jalan sebagai perhatian Pemerintah Pusat untuk memajukan perkembangan daerah di wilayah terpencil.

Kedatangan Mayor Czi Fauzan Fadli didampingi langsung oleh Danramil 1707-08/Agats Kapten Inf Daniel selaku wewenang kewilayahan binaan teritorial Kab. Asmat.

Selesai sambutan, bertempat di rumah adat (Jew) dilaksanakan acara adat Kamapung Mumugu. Acara adat ini sebagai bentuk doa kepada leluhur setempat agar dalam pembangunan jalan yang dilakukan oleh Batalyon Zeni Kontruksi 14/SWC dapat dilaksanakan dengan aman tanpa gangguan atau hambatan serta ancaman baik dari alam maupun dari manusia.

Sebelum acara adat dimulai, Kapten Inf Rajab yang berwenang dalam kewilayahan Teritorialnya menyampaikan, selaku Danramil sawaerma yang membawahi 5 Distrik yaitu Distrik Sawerma, Distrik Suru-suru, Distrik Pulau Tiga, Distrik Unirsirau dan Distrik Joerat, salah satu Kampung dari Distrik Sawaerma yaitu Kampung Mumugu II yang sekarang menjadi perhatian pemerintah pusat dalam bentuk pembangunan jalan. Ini merupakan satu bentuk perhatian pemerintah pusat kepada bapak, ibu, saudara sekalian dikampung ini.

Selaku Danramil, saya mengharapkan dukungan sepenuhnya dari warga masyarakat Kampung Mumugu II untuk membantu TNI (Zipur) yang sudah datang jauh-jauh dari jakarta untuk membangun wilayah ini dan Saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Komandan Batalyon Zeni Kontruksi 14/SWC Jakarta di Kampung Mumugu II.

Adapun sambutan penyampaian Danyonzikon14/SWC, bahwa Kami TNI datang dari pusat ke Kampung ini tidak lain untuk membantu membangun jalan agar wilayah ini bisa berkembang dan tidak tertinggal. Kami rela meninggalkan keluarga di jakarta demi melaksanakan tugas untuk membangun daerah ini dan bertemu lansung dengan saudara sekalian.

Selain membangun jalan, kami juga menyiapkan anggota untuk tenaga didik bagi anak-anak saudara sekalian yang terhambat karena kurang tenaga didik disekolah yang ada di Kampung Mumugu. Selain itu bagi bapak, ibu serta masyarakat yang lain apabila ada yang sakit kami sediakan tenaga medis untuk membantu dalam pengobatan masal selama kami disini, saya melihat tidak adanya tenaga medis diwalayah ini Pukesmaspun tidak ada aktivitas sama sekali.

Saya beserta anggota berada di rumah adat untuk permisi kepada masyarakat yang memilik hak Ulayat, agar kami dapat memulai pekerjaan pembuatan jalan tidak terkendala, baik dalam pengambilan material untukpenimbun jalan. Material yang kami ambil ditanah ini, kami bayar sesuai hak pemilik tanah sehingga nanti dalam pekerjaan tidak menimbulkan masalah yang berujung pada terhambatnya pembangunan jalan. Tidak ada niat kami merugikan bapak-bapak yang mempunyai hak ulayat.

Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari masyarakat Kampung Mumugu II, kami berharap dukungan sepenuhnya dari masyarakat sehinga pembangunan jalan selesai tepat waktu.(ucap Mayor Czi Fauzan).

Selesai sambutan Mayor Czi Fauzan Benyamin selaku kepala Suku Kampung Mumugu II mengucapkan terima kasih kepada komandan beserta seluruh anggota yang sudah datang dari jauh untuk membangun kampung kami. Saya selaku kepala suku sudah berbicara dengan warga bahwa masalah material tidak usah diragukan karena pasti dibayar, karena itu merupakan syarat untuk pengambilan material untuk penimbunan jalan serta apabila sudah ada kesepakatan dari kami maka pekerjaan dapat dikerjakan.

Perlu bapak Komandan ketahui bahwa kami warga kampung mendukung sepenuhnya pekerjaan TNI demi kemajuan kampung kami.(Kata Benyamin selaku kepala suku). Yang hadir dalam peresmian adat Pembangunan jalan di Kampung Mumugu II yaitu Danyonzikon 14/SWC, Mayor Czi Hotman Sits staf direktur zeni jakarta,Kapten Czi Sarino, Danramil 1707-12 Sawaerma, Danramil 1707-08 Agats, Kepala suku Kampung Mumugu II, Kapospol Kampung Mumugu II, Babinsa Koramil Sawerma, 1 regu pam giat acara adat dari Yonzikon 14/SWC jakarta dan 50 masyarakat Kampung Mumugu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kepala Suku Kampung Mumugu II Menyabut Kedatangan Danyonzikon 14/Swc Jakarta