TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kesdam dan BPJS Dialog Interaktif di RRI Surabaya

By 04 Feb 2016 15:33Kodam V/Brawijaya
bpjs

Surabaya, Kesdam V/Brawijaya dan Pendam V/Brawijaya bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan serta RRI Surabaya menggelar acara Dialog Interatif pada program 4 RRI Stasiun Regional Surabaya, Jalan Pemuda Surabaya, Kamis 4/2/2016.

Dandenkesyah Surabaya Letkol Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Sp.B, mengatakan sosialisasi BPJS ini dilaksanakan berkaitan dengan tugas dan fungsi Kesehatan Kodam V/Brawijaya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Prajurit/PNS dan keluarganya di jajaran wilayah Kodam V/Brawijaya, selain itu TNI AD juga terpanggil untuk ikut serta bersama instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, hal ini seperti yang diungkapkan oleh Letkol Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Sp.B pada saat wawancara, “bahwa saat ini Kesehatan Kodam V/Brawijaya telah siap membantu pemerintah dalam bidang kesehatan mulai dari PPK 1 yang telah tergelar di satuan-satuan tingkat Kodim sampai dengan rumah sakit rujukan di wilayah Kodam V/Brawijaya, khusus di PPK 1 berkaitan dengan BPJS direalisasikan dengan adanya dokter umum dan dokter gigi, demikian juga apabila Prajurit/PNS dan keluarganya perlu penanganan kesehatan lebih lanjut, hal ini telah diantisipasi dengan memberikan perawatan lanjutan baik di rumah sakit milik TNI AD, maupun rumah sakit daerah yang telah bekerja sama dengan BPJS”.

Lebih lanjut Dandenkes juga menyampaikan bahwa kegiatan layanan kesehatan merupakan tugas dan kewajiban Kesehatan Kodam V/Brawijaya kepada seluruh prajurit dan PNS beserta keluarganya termasuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Disamping itu serbuan teritorial dalam pelayanan kesehatan juga digelar dalam bentuk kegiatan operasi bhakti seperti pengobatan massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak dan khitanan massal di berbagai pelosok desa di wilayah Jawa Timur yang dilakukan oleh Kesehatan Kodam V/Brawijaya yang berdiri sendiri atau bekerja sama dengan instansi kesehatan lainnya dengan tujuan membantu dan melayani kesehatan masyarakat Jawa Timur, termasuk pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan oleh Direktorat Kesehatan TNI AD bersama-sama dengan instansi lainnya yang secara bersinergi melayani kesehatan masyarakat.

Dialog ini juga menghadirkan dr. Dwika AR. Kepala unit managemen pelayanan dan rujukan BPJS Surabaya, dalam kesempatan dialog ini menghimbau kepada masyarakat Jawa Timur tentang pentingnya sebagai peserta BPJS, ini sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah dalam menjamin kesehatan bagi warganya, saat ini BPJS telah bekerjasama dengan rumah sakit tentara dalam memberikan pelayanan kesehatan baik untuk prajurit/PNS dan keluarganya maupun masyarakat. Tentunya pelayanan tersebut diberikan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang diharapkan masyarakat dapat pelayanan kesehatannnya secara cepat.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, terbukti dengan banyaknya pendengar Programa 4 RRI regional Surabaya dari berbagai pelosok tanah air yang menanyakan tentang hal ikhwal BPJS dan pelayanannya, serta memberikan apresiasi yang besar terhadap TNI AD khususnya Kodam V/Brawijaya yang sampai saat ini telah memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, terutama didaerah pedalaman seluruh Indonesia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kesdam dan BPJS Dialog Interaktif di RRI Surabaya