TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam II/swj Segera Miliki Batalyon Arhanud

By 11 Feb 2016 07:33Kodam II/Sriwijaya
Picture6

 

Kodam II/Swj akan segera memiliki Batalyon Artileri Pertahanan Udara bernama Yonarhanud 12 / Satria Bhuana Prakasa (SBP) yang berdislokasi di Jalan Lintas Raya  Palembang – Betung Km 18 Ds.Sukamoro Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin (eks Markas Yonif 200/Raider – Serong).

Waka Pendam II/Swj Letkol Inf Paiman, menjelaskan bahwa Yon Arhanud 12/SBP yang sebentar lagi akan diresmikan ini merupakan pengembangan dari Raiarhanudri 41/BS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kasad nomor 60 tahun 2015 tanggal 19 November 2015 tentang pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj. “Insya Allah dalam waktu dekat, minggu depan akan diresmikan oleh Pangdam II/Swj”, tandas Paiman.

Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, sambung Wakapendam II/Swj merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). Dalam rangka pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, secara bertahap berbagai kelengkapan satuan baru baik pangkalan, perkantoran, perumahan, personel, materiil, persenjataan dan lainnya akan dipenuhi dan dilengkapi.

Perlu diketahui bahwa Tugas pokok Yon Arhanud adalah  melaksanakan pertahanan udara secara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh serta mendukung terciptanya stabilitas pertahanan wilayah yang kondusif dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj.

 Terkait rencana peresmian Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj ini, Rabu (10/2/2016), Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Kasdam II/Swj  Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., para Asisten dan Kabalak Kodam II/Swj  melakukan kunjungan dan peninjauan secara langsung ke Markas Yon Arhanud 12/SBP.

Kedatangan Pangdam II/Swj bersama sejumlah pejabat Kodam II/Swj di Markas Yon Arhanud 12/SBP, disambut dan diterima Danyon Arhanud 12/SBP Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto S.Sos, dan Komandan Raiarhanudri 41/BS Kapten Arh Andy Qomarudin serta jajar kehormatan dan sambutan yel-yel dari segenap prajurit  Yon Arhanud 12/SBP.

Setelah melakukan ramah tamah, Pangdam II/Swj beserta Kasdam II/Swj dan pejabat teras Kodam II/Swj menerima paparan terkait perkembangan satuan oleh Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP. Kunjungan Pangdam II/swj diakhiri peninjauan pangkalan / markas satuan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam II/swj Segera Miliki Batalyon Arhanud