TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0106/Ateng – BM Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI Ke Sekolah Se Aceh Tengah – Bener Meriah

By 15 Feb 2016 07:17Kodam Iskandar Muda
IMG-20160213-WA0022
TAKENGON-  Di Minggu terakhir bulan Februari ini TNI Angkatan Darat akan memulai Rekrutmen Calon Prajurit Baru yang pelaksanaan prosesnya hingga akhir tahun. Merespon meningkatnya respon para siswa dan siswi yang berminat menjadi calon Prajurit Karier TNI AD pada tahun lalu, Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah kini tengah melakukan sosialisasi penerimaan calon Taruna/Taruni, Bintara PK, Tamtama TNI-AD 2016 di sekolah se-Aceh Tengah dan Bener Meriah.
 
Sosialisasi dilakukan oleh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0106 diberbagai sekolah-sekolah  SMA atau sederajat khusunya para siswa kelas tiga SMA yang akan lulus tahun ini. Sabtu (13/02/16).
 
Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut, para siswa diperlihatkan video kegiatan proses rekrutmen calon prajurit, mulai dari seleksi, pendidikan pertama, pendidikan kecabangan dalam lingkunga TNI AD hingga pendidikan pasukan khusus seperti Komando, Kostrad maupun Raider. Tujuannya dalah untuk memperkenalkan TNI, agar menambah wawasan serta pengetahuan para Siswa/Siswi agar dapat tertarik dan memiliki minat untuk bergabung menjadi Prajurit TNI.
 
Para pelajar di Wilayah Bener Meriah dan Aceh Tengah cukup antusias merespons sosialisasi tersebut, terbukti banyaknya siswa yang bertanya mengenai persyaratan-persyaratan serta perbedaan Sekolah Calon Tamtama (Secata), Sekolah Calon Bintara (Secaba), dan Akademi Militer (Akmil) maupun suka duka menjadi prajurit TNI. Sepertihalnya salah satu siswa dari SMA di wilayah Timang Gajah yang menanyakan suka duka menjadi prajurit TNI.
 
“apa suka duka menjadi seorang Prajurit, pak”, tannya salah satu siswa SMA di Wilayah Timang Gajah kepada Bamin Komsos Koramil Model 05 Serma Ismail saat memberikan sosialisasi.
 
Dari pertanyaan tersebut mencuat beragam cerita suka duka seorang Prajurit yang mengabdi di banyak tempat, bahkan Ismail juga menceritakan suka dukanya menjadi istri prajurit yang tentunya memiliki segudang pengamalan sendiri. Jadi walaupun tidak menjadi prajurit TNI, namun bisa menjadi seorang istri atau suami prajurit TNI. terangnya.
 
Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah Letkol Arm Ferry Ismail S.Sos Kamis (11/2/16) menyampaikan bahwa sosialisasi penerimaan calon Prajurit TNI kesekolahan adalah untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada pelajar agar mengerti tentang informasi pendaftaran TNI karena menjadi seorang Prajurit TNI itu suatu kebanggaan dan kehormatan dari Negara sebutnya.
 
Apabila ada pelajar yang berminat akan didata untuk diberikan arahan serta bimbingan sehingga diharapkan para calon dapat lebih termotifasi. Tambah Dandim.
 
Ia juga menegaskan, “Apabila dalam proses rekrutmen TNI ada oknum yang menjadi calo dan mengaku bisa meluluskan serta meminta sejumlah uang, segera lapor ke kami, Itu adalah penipuan dan dapat dipidana “ tegas Dandim.
 
Perwira Seksi Adminitrasi (Pasimin) Kodim 0106 Lettu Inf Suratin memaparkan soal proses penerimaan calon Prajurit TNI AD dan tata cara penerimaan calon Anggota TNI serta tentang syarat-syarat untuk menjadi Taruna/Taruni Akmil maupun Secaba dan Secata, baik persyaratan adminitrasi maupun fisik Jasmani serta Tes Akademi.
 
Dalam sosialisasi tersebut para Danramil dan Babinsa juga memasang sejumlah spanduk pembukaan Taruna/Taruni, Secaba dan Secata TNI AD di berbagai tempat srategis.
 
Adapun pendaftaran bertempat di Kodam Iskandar Muda yakni Ajendam IM jalan Nyak Adam Kamil II No AD  B-I Neusu  Banda Aceh. Tempat pendaftaran lainnya yakni di Ajenrem 011/LW yang berada di Lhokseumawe, Ajenrem 012/TU Punyareng Meulaboh atau Website : www.rekrutmen-tni.
 
Berikut Jadwal Pendaftarannya 1. Taruna Taruni Akmil. Pendaftaran online di buka 1 Maret s/d 30 April 2016, untuk seleksi 16 Mei s.d 29 Juli 2016. 2. Bintara PK Pendaftaran online dibuka 15 s.d 27 Agustus 2016, seleksi 29 Agustus s.d 26 September 2016. 3.Tamtama PK Gel 1, pendaftaran online 22 Februari s.d 05 Maret 2016. Seleksi 07 Maret s.d 05 April 2016. 4. Tamtama PK II pendaftaran online 10 s.d 22 Oktober 2016, seleksi 24 Oktober s.d 23 November 2016.

Kodim 0106/Ateng – BM Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI Ke Sekolah Se Aceh Tengah - Bener Meriah