TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0811/Tuban Gelar Latihan Perorangan Dasar

By 04 Feb 2016 11:17Kodam V/Brawijaya
4-1

TUBAN – Kodim 0811/Tuban melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar). Kegiatan latihan tersebut dilaksanakan terpusat di Makodim 0811/Tuban selama 2 minggu (3 s.d 19 Februari 2016) diikuti oleh Bintara dan Tamtama Makodim dan Koramil jajaran Kodim 0811/Tuban.

Kegiatan latihan perorangan tersebut bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan sekaligus untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketrampilan perorangan yang harus dikuasai setiap prajurit sesuai tingkat kecakapan dalam BPUP (Buku Pedoman Umum Prajurit) yang disandangnya.

Materi-materi yang diberikan dalam latihan tersebut merupakan materi-materi dasar sesuai dengan BPUP 1-7 antara lain Nikpur, Pam & Intelijen, Ilmu Medan, Pengetahuan senjata, Menembak, Pionir, Komunikasi, dan Longmalap (Pertolongan pertama lapangan).

Selain itu diisi juga dengan Binjasmil diantaranya senam senjata, hanmars maupun speed mars serta materi-materi teritorial diantaranya pengetahuan pembinaan teritorial, membuat bagan teritorial, membuat peta jarak, teknik mengumpulkan data teritorial dan lain-lain. Adapun metode latihan yang digunakan yaitu dengan Ceramah, audio, visual, diskusi, peninjauan (pengamatan), peragaan (demonstrasi), praktek lapangan dan aplikasi.

Diharapkan dengan dilaksanakannya latihan perorangan dasar ini, kemampuan teknik dan taktik dasar bertempur serta pengetahuan kemampuan pembinaan teritorial setiap prajurit Kodim 0811/Tuban terbina dan meningkat sebagai penunjang kelancaran di satuan kewilayahan.

Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo menyampaikan dengan adanya kegiatan ini hendaknya seluruh prajurit agar benar-benar melaksanakan sehingga materi yang telah diberikan betul-betul bisa diterima dengan tujuan ilmu yang didapat dapat diterapkan dimasyarakat, apalagi bagi para Babinsa yang langsung berhubungan dengan masyarakat di wilayah binaannya masing-masing. Walaupun kegiatan ini pernah dilaksanakan sebelumnya, keberhasilan latihan bukan diukur dari telah selesainya kegiatan tersebut namun yang lebih penting adalah sejauh mana kesiapan satuan dalam menghadapi tugas yang akan datang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0811/Tuban Gelar Latihan Perorangan Dasar