TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0814 Tangkal Narkoba Dengan Cek Up Urin Personel

By 04 Feb 2016 09:16Kodam V/Brawijaya
4

JOMBANG- Peredaran narkoba yang kian miris dan menyentuh berbagai kalangan termasuk diantaranya TNI, menjadi sorotan Komandan Kodim 0814 Jombang yang baru, Letnan Kolonel Arh M. Fatkhurrahman. Oleh karena untuk menangkal Peredaran Narkoba diadakanlah Tes urine terhadap 250 anggotanya yang dilaksanakan, Rabu (3/1).

Dandim 0814 Jombang Letkol Arh M Fatkhurrahman mengatakan, ini saya ambil untuk mendeteksi dan pencegahan dini peredaran narkoba di lingkup TNI (Kodim Jombang), hasil dari tes urine nantinya jika ada yang terbukti positif menggunakan narkoba, maka pihaknya tidak segan – segan untuk pemberian sangsi pemecatan tidak hormat. Sebagai anggota TNI, menurutnya, prajurit harus berperilaku baik dan menjadi teladan masyarakat. “Kami menghimbau kepada seluruh prajurit tidak melakukan perbuatan melanggar hukum,” pesan Dandim di hadapan semua anggota yang menjalani tes urine.

Proses pengambilan test urine sendiri dilakukan terbuka di kamar mandi yang tidak dikunci dan dijaga langsung oleh polisi militer. Prajurit yang menjalani tes diberiwadah kecil berbahan plastik. Setelah itu, sample urine dari masing – masing anggota ini pun diserahkan ketim kesehatan untuk di tes. Tes urine strip yang dicelupkan memunculkan dua garis. Dipastikan urine yang bersangkutan negatif. “Jika satu garis berarti positif, teknis pengujiannya seperti itu,” ujar salah satu tim kesehatan dari Kodim 0814 Jombang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0814 Tangkal Narkoba Dengan Cek Up Urin Personel