TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0908/Btg Siagakan 300 Personel Untuk Padamkan Api

By 09 Feb 2016 08:42Kodam VI/Mulawarman
20160209a

Bontang. (09/02) Danramil Kodim Bontang Kapten Inf Sutikno, menghadiri rapat koordinasi kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), di Jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Selasa 2 Pebruari 2016.

Rapat koordinasi tersebut di hadiri oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Muspika Kec. Bontang Selatan, FKDM Kota dan kecamatan, Lurah serta RT.

Kapten Inf Sutikno menyampaikan bahwa Komando Distrik Militer 0908/Bontang siap menyiagakan 300 personelnya untuk setiap saat membantu masyarakat dan instansi terkait lainnya dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan di daerah Bontang sekitarnya.

Saat ini pihaknya sudah menurunkan petugas saat kebakaran lahan. Namun, hal itu menemukan kendala, yakni tidak ada koordinasi terpusat “Selama ini kan kalau kami turun agak bingung mau koordinasi dengan siapa,” kata Sutikno.

Memang dibutuhkan koordinasi lintas sektor, sambung dia, sehingga saat terjadi kebakaran pihaknya mampu menyediakan pasukan sesuai kebutuhan. “Kalau ada kebakaran di lahan PT Badak misalnya, kami tinggal hubungi perusahaan, butuh berapa personel,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi kebakaran lahan terjadi, pihaknya bakal melibatkan masyarakat. Warga bakal diajak agar sadar lingkungan dan secara aktif melibatkan mereka dalam kegaiatan sosial lingkungan.

Rencana bakal digelar sosialisasi dengan RT, lurah, dan camat terkait keiikutsertaan TNI menangani kebakaran hutan. Menurutnya, langkah preventif dianggap mampu mencegah aksi pembakaran lahan, yang kerap terjadi di 2 wilayah Kecamatan, Bontang Selatan dan Bontang Barat. “Awalnya kami akan bertemu dengan warga di Kecamatan Bontang Selatan dan Bontang Barat,” katanya.

Kodim 0908/Btg Siagakan 300 Personel Untuk Padamkan Api