TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1402/Polmas: Kegembiraan Anak-Anak di Pegunungan Mamasa

By 09 Feb 2016 13:10Kodam VII/Wirabuana
7

Urusan pendidikan anak-anak di pedalaman Mamasa bukan semata tugas guru, Merasa mampu dan terpanggil, Anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) dari Koramil 1402-05/ Mamasa Kodim Polmas, Serda Yosep Padua mengajar peraturan baris berbaris (PBB) kepada siswa sekolah Dasar SDK 015 Lisuan Ada kecamatan Sesena Padang Kabupaten Mamasa, Selasa(09/02).

Serda Yosep Padua juga tak lupa menyisipkan pelajaran tentang wawasan kebangsaan. “Dengan harapan, ke depannya nanti anak-anak didik akan memiliki sikap semangat kebangsaan, rasa nasionalisme, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, berdisiplin dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, keluarga, masyarakat serta Bangsa Negara.

Menurut Perwira Penghubung (Pabung) Kabupaten Mamasa mengatakan Kegiatan yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya, di samping mengajar di sekolah, pihaknya juga melaksanakan kegiatan karya bakti, seperti pembersihan sekitar sekolah sambil mengajarkan kepada para siswa akan pentingnya kebersihan. wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris. Adanya program kegiatan seperti ini, tentu sangat membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah pedalaman, terutama untuk pelatihan disiplin para siswanya

”Kehadiran babinsa membuat masyarakat merasa dekat dengan bapak-bapak TNI, terutama para anak didik di daerah itu, “Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI. Disamping membantu kegiatan mengajar bapak-bapak TNI juga melaksanakan kegiatan karya bhakti,” katanya.

Lebih lanjut Pabung Mamasa mengatakan, TNI-AD dalam gelar kewilayahan salah satunya melaksanakan bina teritorial (Binter) dengan menggelar beberapa kegiatan, termasuk membantu mengajar sekolah di daerah pedalaman.

“Sekadar diketahui bersama, situasi kondisi kegiatan belajar mengajar di daerah pedalaman masih sangat memprihatinkan. Makanya, kami berharap kehadiran Babinsa dalam proses kegiatan mengajar di SD, dapat memberikan warna yang berbeda dan menarik antusias para siswa agar semakin semangat belajar.

Terlihat anak-anak dengan pakaian yang terlihat kumal dan beralas kaki sendal jepit. Wajah penuh kegembiraan dan suka cita dengan rasa syukur yang tulus terpancar dari raut wajah anak-anak yang masih lugu tersebut menerima menerima pelajaran sangat berarti bagi mereka.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh salah satu guru mewakili para murid dan guru atas perhatian Babinsa bagi anak-anak didiknya, ini wujud perhatian Kodim 1402/Polmas di dalam dunia pendidikan yang mempunyai tujuan mulia yaitu untuk memerdekakan dari buta aksara agar anak anak pegunungan dapat maju mengejar saudara saudaranya yang berada di kota kota besar. Mereka tidak tertinggal dari yang di daerah lain walaupun ada keterbatasan yang dihadapi tetapi itu bukanlah suatu halangan di dalam mengejar ilmu, menambah pengetahuan dan wawasan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1402/Polmas: Kegembiraan Anak-Anak di Pegunungan Mamasa