TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1702 Berangkatkan Prajuritnya Bantu Bencana Tanah Londsor Jalan Wamena -Tolikara

By 16 Feb 2016 06:22Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-02-15_16-19-36

Dandim 1702/JWY Letnan Kolonel Inf Muhamad Aidi S.i.p, memberangkatkan anggota Kodim 1702/JWY guna melaksanakan karya bhakti penanggulangan bencana longsor di Distrik Poga Kabupaten Tolikara yang mengakibatkan lumpuhnya Jalur Wamena-Tolikara-Puncak Jaya yang terputus total akibat longsor yang terjadi 3 hari yang lalu pada Senin 15 Pebruari 2016.

Akibat hujan yang berkepanjangan dalam beberapa hari ini menyebabkan ruas jalan Wamena – Tolikara yang berada di Km 70 Kampung Poga Distrik Poga Kabupaten Tolikara ambrol sedalam kurang lebih 10 meter, dengan panjang ruas jalan yang ambrol sekitar 40 – 50 meter. Konstruksi jalan tersebut memang berada di sisi lereng gunung dan di bagian bawahnya mengalir sebuah kali yang memisahkan badan jalan dengan Kampung Poga di sisi kali. Ruas jalan yang ambrol tersebut merupakan penghubung Distrik dari Kabupaten Tolikara yang berbatasan dengan Distrik Bolakme Kabupaten Jayawijaya dengan konstruksi badan jalan memang rapuh, karena merupakan lereng gunung yang di papas dan dijadikan badan jalan, sedangkan di sisi lainnya adalah sebuah jurang yang di lalui oleh kali yang terkadang banjir bila hujan terus menerus.

Sekda Tolikara, Dance Yulian Flassy, SE, M.Si yang meninjau langsung lokasi kejadian dan meminta bantuan Kodam XVII/Cenderawasih untuk menangani kondisi darurat sementara agar masyarakat dapat tertolong dan aktifitas ekonomi maupun arus barang dan manusia kembali normal ke Tolikara dan Wamena. “Ruas jalan ini bukan urat nadi Tolikara saja, namun ruas jalan ini satu – satunya jalan yang di lalui oleh kendaraan yang mau ke Puncak dan Puncak Jaya juga, jadi kalau tidak tertangani segera, dipastikan ekonomi dan pembangunan di daerah Tolikara dan Puncak lumpuh total”, kata Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1702/JWY menyampaikan Kodam XVII/Cenderawasih sesuai intruksi Panglima Kodam akan segera terjun langsung ke lapangan untuk membantu menangani dan membangun kembali jalan yang putus tersebut. Seperti yang dilaksanakan hari ini Kodim 1702 memberangkatkan lagi prajuritnya ke lokasi bencana sebanyak 20 orang yang dipimpin oleh Serka Yacob Rumpang (Dantim) dan Sertu Raison ( Wadantim).

Diharapkan dengan adanya bantuan tambahan personil TNI ini roda perekonomian di Kabupaten Tolikara dapat berjalan kembali dan tidak berdampak luas terhadap masyarakat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Puncak Jaya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1702 Berangkatkan Prajuritnya Bantu Bencana Tanah Londsor Jalan Wamena -Tolikara