TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Kudus Tingkatkan Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dengan Menggelar Diksar Saka Wira Kartika

By 01 Feb 2016 10:54Kodam IV/Diponegoro
Kodim-Kudus-Tingkatkan-Kesadaran-Bela-Negara-Bagi-Generasi–Muda-Dengan-Menggelar-Diksar-Saka-Wira-Kartika

Kodim 0722/Kudus (29/1),- Saka Wira Kartika adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengorganisasian saka binaan TNI AD ini sama dengan Satuan Karya pada umumnya. Namun demikian Saka Wira Kartika ini memiliki program pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida antara lain Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana.

Guna lebih mengenalkan dan memperdalam kegiatan kesakaan, Kodim 0722/Kudus menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Dasar bagi 141 orang calon anggota Saka Wira Kartika Kodim 0722/Kudus yang di awali dengan Upacara Pembukaan Diksar Saka Wira Kartika TA.2016 bertempat di komplek Makodim 0722/Kudus.

Upacara Pembukaan Diksar Saka Wira Kartika yang di pimpin oleh Kasdim 0722/Kudus Mayor Inf Sagimin serta diikuti beberapa Perwira Staf Kodim dan 141 orang calon anggota Saka Wira Kartika Kodim 0722/Kudus ditandai dengan penyematan pita tanda peserta latihan oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan calon anggota Saka Wira kartika.

Kegiatan Diksar ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dibuka Jum’at (29/1/2016) dan di tutup pada hari Sabtu (30/1/2016). Adapun rangkaian kegiatan selama 2(dua) hari di isi dengan materi kesakaan dari Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana.

Pasiter Kodim 0722/Kudus Kapten Inf S.Widodo selaku Koordinator Latihan menyampaikan bahwa kegiatan Pendidikan Dasar Saka Wira Kartika ini bertujuan sebagai sarana orientasi dan adaptasi kegiatan kesakaan kepada calon anggota Saka Wira Kartika sehingga secara mental dan fisik mereka akan siap untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan kedepan.

Kodim Kudus Tingkatkan Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dengan Menggelar Diksar Saka Wira Kartika