TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Menggelar Upacara Pencanangan Penghijuan

By 23 Feb 2016 15:42Kodam IV/Diponegoro
2302201601

Kodim 0711/Pemalang menggelar Upacara Pencanangan Penghijauan Dengan Pola Padat Karya Bekerjasama TNI dan Dinas Instansi Terkait 2016, berlangsung di Stadion Mochtar Sirandu Pemalang, baru-baru ini. Bertindak selaku Inspektur upacara Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf Ahmad mewakili Dandim 0711/Pemalang, sebagai Komandan upacara Danramil 10/Moga Kapten Arm Andumiyanta. Selasa (23/2).

Acara tersebut dihadiri Bupati Pemalang yang diwakilkan, Kapolres Pemalang yang diwakilkan, Kadispertanhut kab. Pemalang, Ka. Lingkungan Hidup Kab. Pemalang, Pa Kodim 0711/Pemalang, Muspika Pemalang, Muspika Taman, Direktur PT Gondo Rukem Pemalang, Ka. DPU Kab. Pemalang, Kalur Bojongbata, Kades Lawangrejo Kec. Pemalang dan diikuti oleh pasukan Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, Dinas/Instansi Terkait Kab. Pemalang dan masyarakat.

Dalam sambutan Dandim 0711/Pemalang yang dibacakan Kasdim 0711/Pml Mayor Inf Ahmad menyampaikan, bahwa pencanangan penghijauan pola Padat Karya tahun 2016 di wilayah Kodim 0711/Pemalang merupakan salah satu upaya untuk memulihkan atau memperbaiki kembali keadaan lahan yang tidak produktif dan kritis agar dapat berfungsi sebagai media produksi dan pengatur tata air yang baik, serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas udara.

Penghijauan berupa penanaman pohon di sepanjang jalan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat. Kondisi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat generasi saat ini maupun generasi yang akan datang. Penciptaan lingkungan yang sehat merupakan tanggung jawab semua pihak, untuk itu maka partisipasi dan swadaya masyarakat yang didukung oleh pemerintah sebagai fasilisator sangat ditentukan.

Kecenderungan merosotnya kualitas udara sebagai dampak dari emisi gas buang kendaraan dan efek rumah kaca yang menyebabkan kadar CO2 dalam udara meningkat, hal ini telah kita rasakan diberbagai wilayah di Indonesia. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas udara yang sehat adalah melalui penghijauan sehingga O2 yang dihasilkan dari proses alami tumbuh-tumbuhan dapat meminimalisir pencemaran udara. Untuk mengurangi dan mencegah rusaknya lingkungan maka seluruh pihak harus berperan dalam mempertahankan kualitas lingkungan. Oleh karena itu, penciptaan lingkungan yang sehat dan serasi merupakan bagian penting dari upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang berfungsi sebagai penyangga kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Tujuannya adalah mewujudkan kelestariaan fungsi lingkungan hidup dalam keseimbangan dan keserasian yang dinamis dengan perkembangan penduduk, agara dapat menjamin pembangunan nasional yang berkelanjutan.

TNI melalui program penghijauan bekerja sama dengan pemerintah daerah Kab. Pemalang menyelenggarakan penghijauan dengan pola padat karya sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup, tanpa terbentuknya keberdayaan masyarakat maka hampir dapat dipastikan tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam kegiatan penghijauan dengan pola padat karya di wilayah Kodim 0711/Pemalang ditanam sebanyak 3.750 batang bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon mahoni 3000 batang, bibit pohon Ketapang 500 batang, dan bibit pohon Pecutan 250 batang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Menggelar Upacara Pencanangan Penghijuan