TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 22/Ayah Bersama Warga Srati, Penanganan Longsor

By 15 Feb 2016 19:32Kodam IV/Diponegoro
l

KODIM 0709/KEBUMEN – Danramil 22/Ayah Kapten Czi Saliyo bersama dengan warga dan para anggota Koramil melaksanakan kegiatan karya bakti akibat longsor yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB sehingga jalan yang menuju pantai wisata Pecaron tertutup oleh timbunan tanah, Senin (15/2/16).

Peristiwa ini bermula dari hujan lebat yang selama sepekan belakangan ini mengguyur wilayah Desa Srati Kecamatan Ayah Kab. Kebumen, kini tengah dalam penanganan Danramil 22/Ayah Kapten Czi Saliyo yang dibantu warga sekitar guna menyingkirkan timbunan sisa material.

Kegiatan ini melibatkan sekitar kurang lebih 120 orang warga yang dibantu anggota Koramil, Polsek, perangkat Desa Srati dan warga sekitar, panjang jalan yang tertimpa sepanjang 60 meter dengan ketebalan material longsor sekitar 2 hingga 3 meter, meski dengan peralatan seadanya, warga tetap semangat, pasalnya jalan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju pantai, disamping untuk kelancaran perekonomian warga.

Tindakan yang diambil jajaran Muspika Kec. Ayah yakni melakukan proses pengusulan agar tebing tersebut dibuatkan bronjong kawat sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali, dan diharapkan akan mampu menahan longsor terulang lagi.

Danramil 22/Ayah Kapten Czi Saliyo menghimbau warga, agar berhati-hati mengingat wilayah Desa Srati masih terdapat beberapa tebing yang berpotensi bencana longsor, “ini musim hujan kita harus peka terhadap perubahan iklim, kita tidak akan tahu kapan musibah akan terjadi, yang jelas kita dituntut untuk tetap waspada, terutama bagi warga yang dekat dengan perbukitan, pasalnya jika hujan deras tidak menutup kemungkinan, kejadian serupa dapat terulang lagi, namun saya berharap agar warga tetap tanggap dan melaporkan setiap ada tanda tanda yang mencurigakan, termasuk wilayah mana saja yang rawan terhadap kemungkinan longsor agar segera dilakukan pendataan dan dilaporkan ke pihak Koramil maupun Polsek atau pihak Kecamatan melalui desa, “ jelas Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 22/Ayah Bersama Warga Srati, Penanganan Longsor