TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil dan Petani Ploso Perang Melawan Tikus

By 11 Feb 2016 08:03Kodam V/Brawijaya
1(7)

JOMBANG- Hama tikus merupakan musuh para petani no 1, hama ini menyerang tanaman padi cukup telak, pembasmiannya  tidak ada cara lain selain memburunya, seperti yang dilakukan Koramil 0814/06 Ploso Kodim 0814 Jombang pada hari selasa 9-2-2016 di Dusun Patoman Desa Kebon Agung Kec.Ploso melakukan Gropyok Tikus.

Kapten Inf Kartiko selaku Danramil 0814/06 Ploso mengatakan “ Upaya pengendalian terus dilakukan, dengan melakukan gerakan pengendalian hama tikus di sejumlah Desa di Kec.Ploso, mumpung usia padi masih muda dan tikus masih sedikit kalau tidak cepat dibasmi nanti pada waktu panen bisa-bisa kedahuluan tikus panen, karena perkembangbiakan tikus sangat cepat “

Satu persatu lubang tempat persembunyian tikus bantaran saluran irigasi diasap menggunakan belerang. Meski dapat dipastikan tikus akan mati di dalam lubang, namun petani dibantu aparat TNI dari Koramil 0814/16 Ploso menggali lubang dan memukul tikus. Petani dan anggota Koramil  inipun harus sigap, ketika lubang tempat persembunyian diasap dengan belerang tikus akan keluar dari lubang lainnya. Aksi kejar tikus pun tidak dapat dihindari dengan menggunakan kayu, tikus dipukul dan dikumpulkan.

Dalam gropyok tikus ini diikuti oleh Kepala Desa Kebon Agung, Personil PPL, Personil Koramil Ploso,dan warga masyarakat Dsn.Patoman. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil dan Petani Ploso Perang Melawan Tikus