TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Geger Bangkalan, Bantu Petani Kendalikan Hama

By 04 Feb 2016 10:32Kodam V/Brawijaya
ecb223e2eb9f77d7f1a2a19c220c2d41

Komandan Koramil (Danramil), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Materi Pertanian membantu kelompok tani di Desa Kampak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, dalam melakukan pengendalian hama wereng di areal pertanian setempat.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/15 Geger, Kapten Inf H Slamin Joko, Kamis, mengatakan Babinsa bersama Kelompok Tani yang diketua Rusdi dan petugas penyuluh lapangan melakukan penyemporotan hama tanaman, agar tidak mengganggu produksi tanaman dalam menunjang program ketahanan pangan.

“Pada saat tanaman padi mulai berbunga rentan terhadap serangan hama penyakit, sehingga perlu pengawasan dan perawatan lebih intensif dari petani,” katanya.

Menurutnya, ancaman tanaman padi seperti hama wereng dan lain-lain perlu segera diantisipasi dengan penyemprotan obat-obat pembasmi hama tanaman, sehingga tidak sampai terlambat atau mengancam produksi panen mendatang.

“Kami membantu petani di Desa Mrawan dengan menyemprot hama sebagai upaya mengendalikan serangan hama wereng yang menyerang lahan pertanian setempat,” katanya.

Sedangkan, Komandan Kodim 0829/Bangkalan mengatakan para petani melakukan penanaman awal pada tahun 2016 seiring dengan musim hujan yang mengguyur kabupaten setempat, sehingga diharapkan benar-benar maksimal hasil panen nantinya.

“Berbagai upaya percepatan hasil panen akan kita fasilitasi, mulai dari percepatan pengolahan tanah dan percepatan tanam terkait dengan kebutuhan sarana dan prasarana pertanian akan didukung secara optimal,” paparnya.

Ia mengatakan seluruh anggota Koramil hingga Kodim harus benar-benar fokus membantu para petani dalam meningkatkan produksi padi, sehingga menunjang hasil panen yang lebih optimal.

Sementara Ketua Kelompok Tani, Rusdi berterima kasih dengan intensitas pendampingan yang dilakukan Babinsa karena sangat membantu dalam mengawal produksi pertanian.

“Bahkan apa yang menjadi kebutuhan kami dapat terprogram dengan baik, terutama dengan pelibatan Babinsa yang mengawal kebutuhan petani termasuk obat-obatan sehingga tidak mengalami kesulitan,” katanya. Authentifikasi Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Geger Bangkalan, Bantu Petani Kendalikan Hama