TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Mungkid Laksanakan Pemeliharaan Pohon Pelindung

By 22 Feb 2016 09:43Kodam IV/Diponegoro
22 Peb a

“Penghijauan yang dilaksanakan oleh Kodim 0705/Magelang dan seluruh jajarannya merupakan salah satu upaya untuk mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global”. Hal itu disampaikan oleh Komandan Koramil 13 Mungkid  Kapten Arm Suryo Wibowo pada apel pemeliharaan tanaman pohon pelindung di Korami 13 Mungkid, Minggu (21/02/2016).

Penghijauan  di Dusun Treko 4 Desa Treko Kecamatan Mungkid pada lahan seluas kurang lebih 2000 M² dengan jenis bibit pohon jati, suren dan mahoni. Bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari Kodim 0705/Magelang bejkerjasama dengan BP DAS SOP.

Pemanasan global kini bukan lagi isu lingkungan, melainkan fakta nyata masalah lingkungan yang  sedang terjadi. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi. Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir.

Aksi nyata yang dilakukan oleh Kodim 0705/Magelang tersebut dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini.   Untuk penghijauan  skala mikro yaitu penghijauan untuk perkotaan/tingkat kabupaten. Masalah lingkungan seperti memburuknya kualitas udara perkotaan dan masalah air bersih disebabkan karena memburuknya kondisi daerah resapan air.

Daerah resapan air seharusnya menjadi zona hijau kini berubah fungsi menjadi kawasan terbangun. Jumlah luas perubahan lahan resapan menjadi terbangun menyebabkan pemanasan. Pemanasan ini meningkatkan suhu panas dalam kota, sehingga penggunaan air conditioner dalam gedung semakin bertambah.

Penghijauan lahan kritis dan gersang adalah aksi nyata menyelamatkan kondisi lingkungan yang terus memburuk. Melalui penghijauan, masalah lingkungan seperti banjir, kesulitan air bersih, dan polusi udara frekuensi dampak lingkungannya semakin berkurang. Penghijauan salah satu cara mudah menyelamatkan lingkungan. Mempertahankan zona hijau dengan melakukan penghijauan/gerakan hijau akan memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penghijauan : Penghijauan untuk mencegah banjir, menjaga kualitas air tanah dan mengurangi polusi udara.

Pemeliharaan pohon pelindung yang dilaksanakan oleh Kodim 0705/Magelang dan jajaranya merupakan upaya nyata untuk menyelamatkan kondisi lingkungan. Hal itu dilakukan karena semakin banyaknya lahan hijau di Magelang yang sudah berubah fungsi.(hombing)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Mungkid Laksanakan Pemeliharaan Pohon Pelindung